Vanview

Kausa Mengkritisi Ketimpangan Sosial Lewat ‘Strata Setara’

Kondisi keresahan akan ketimpangan sosial membuat beberapa orang merasa jengah. Keberadaan berita-berita di tajuk utama media massa kerap mengangkat isu tentang ketidakadilan yang selalu diterima pihak minoritas ataupun pihak-pihak yang kurang beruntung dalam jalan hidupnya. Hal itulah yang memicu  sebuah band dengan nama Kausa melantangkan protes tentang keadilan yang diusung lewat single berjudul ‘Strata Setara’.

Kausa sendiri dibentuk sejak Agustus 2018, yang terdiri dari empat orang yang memiliki selera musik berbeda. Setelah debut album pertama di tahun 2019 yang mengusung 10 track heavy rock. Kini Kausa kembali mendobrak lewat album baru nya dengan tajuk “Una in Pepertum”.

Dipilihinya Strata Sterara sebagai teaser single ini, memang tidak lepas dari keresahaan para personil yang digawangi oleh Lukman Laksmana atau yang lebih dikenal sebagai Buluk Superglad (Vocal & Guitar), Fafa (Guitar), Danar Laksana (Bass), dan Ivan Chairil Anwar (Drum).

Lagu dalam tempo cepat ini pun di aransemen secara paripurna oleh para personil. Proses pembuatan lagu ini diawali dengan pencarian nada musik yang dikerjakan oleh Fafa dan Ivan saat proses karantina pembuatan album kedua. Setelah kerangka awal tercipta lalu disempurnakan kembali oleh Lukman dan Danar. Bagian lirik pun ditulis oleh Dikie Juli dan Luks.

Dalam proses menyampaikan protes mereka lewat single ini, Kausa juga akan langsung merilis video clip Strata Setara yang pengerjaannya dipercayakan kepada Hilman Wirahman. Menurut mereka melalui musik, protes akan lebih tersampaikan tujuannya apabila dibarengi dengan visual gerak.

Artwork Strata Setara. Sumber : Kausa Official

Musik tempo cepat ini pun dibalut dengan lirik yang lugas direkam di studio Doors Jakarta, dimana proses mixing dan mastering dibantu pula oleh Pakde Giok dari Superglad. Untuk urusan artwork di album kedua ini, dipercayakan kepada Muhaqqie.

Dalam single Strata Setara ini dicap sebagai pemantik kecil untuk sebuah kebakaran besar dari kemarahan lainnya yang akan di muntahkan oleh Kausa di album “Una In Pepertuum” nanti. Single ini pun akan tersedia di Youtube Official Kausa mulai tanggal 17 Agustus 2020 kemarin.

Credit foto : Kausa Official

Vantage

Star Wars Mungkinkan Penggemar Miliki Properti Film

Previous article

Steven Spielberg, Sutradara Terbaik di Kawah Candradimuka

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *