Drinksperience

Menyambut 2021, Italia Sudah Memilih Kota Wine Terbarunya

Kota Wine Italia
Italia Telah Memilih Kota Wine Untuk 2021

Wine sebagai minuman beralkohol yang memiliki kenikmatan tinggi begitu dihargai di Italia. Negeri yang terkenal dengan Menara Pisa-nya itu sampai memiliki satu asosiasi yang benar-benar mengurusi soal Wine. Kini menjelang pergantian tahun, Italia pun sudah menyiapkan kota baru yang dijadikan ikon Wine.

Anggur menjadi hal yang sangat serius di Italia. Negara yang terkenal dengan makanan pizzanya itu memiliki banyak kota yang memproduksi Wine. Dilansir dari Lonely Planet, Italia kini telah serius menggarap industri Wine di berbagai wilayahnya. Dan mulai tahun depan, Italia juga memiliki Città del Vino resmi, atau Kota Anggur.

Kota Terpilih

Keputusan tersebut diambil dari asosiasi nasional Città del Vino, sebuah grup yang menyatukan kota-kota yang di kawasan wine Italia untuk mempromosikan dan melindungi kualitas wine Italia dan hubungannya dengan lokasi asalnya. Asosiasi tersebut memutuskan untuk menetapkan Kota Anggur untuk pertama kalinya pada tahun depan. Sebuah kawasan bernama Desa Barolo sudah dinyatakan sebagai pemenangnya.

Barolo sendiri terletak di provinsi Piedmont di Cuneo, Italia. Kawasan tersebut memiliki jumlah penduduk yang hanya berjumlah 700 orang. Barolo juga menjadi tempat lahirnya anggur merah Barolo yang terkenal. Selain itu, kawasan tersebut juga memiliki destinasi yang indah karena berlokasi di tengah perbukitan Langhe, yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014.

Untuk memenangkan gelar Città del Vino 2021, Barolo mengalahkan enam kota lagi dengan kalender acara yang diisi dengan pameran, kelas, seminar, dan instalasi untuk keseluruhan tahun 2021.

In Barolo, 11 Distinct Villages Create the King of Wines | Wine Enthusiast
Desa Barolo menjadi Kota Wine Italia untuk 2021. Sumber: Wine Enthusiast Magazine

“Tahun ini telah menjadi tahun yang sangat sulit dan kami percaya bahwa tahun baru ini kampanye adalah pesan keras harapan dan awal yang baru,” /ucap walikota Barolo, Renata Bianco dilansir dari Lonely Planet.

Tema umum pada pemilihan kota Anggur tahun ini adalah perjalanan melewati waktu, seperti yang dijelaskan oleh Tiziano Gaia, anggota yayasan Barolo & Castle. Dalam sebuah pernyataan, dia merinci bagaimana semua inisiatif dan acara akan berputar di sekitar gagasan untuk menemukan kembali perayaan tradisional, perjalanan musim yang lambat, dan ingatan mereka yang telah berkontribusi pada sejarah anggur Barolo.

Prinsip panduan prakarsa haruslah promosi budaya anggur dan wisata anggur daerah tersebut, serta menyoroti nilai-nilai keberlanjutan dan kesadaran lingkungan yang dapat terbukti menguntungkan dalam jangka panjang. Presiden asosiasi Città del Vino, Floriano Zambon, mengatakan bahwa dia merasa itulah yang mereka dapatkan dengan gelar Città del Vino 2021 pergi ke Barolo. 

Vantage

Mengenal Francine Salazar, Gadis Penyelamat 81 Nyawa

Previous article

Merasa Stres dan Depresi? Berendam di Air Dingin Bisa Jadi Solusinya

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *