Rekomendasi Game PSP Ukuran Kecil Paling Seru

Rekomendasi Game PSP Ukuran Kecil Paling Seru Terbaik 2023

PSP adalah konsol game portabel yang beberapa tahun lalu pernah booming. Namun, seiring perkembangan zaman konsol ini perlahan ditinggalkan. Akan tetapi, game-game ini tidak serta merta ditinggal begitu saja karena masih banyak orang yang ingin bermain game PSP ukuran kecil.

Game PSP sendiri memang memiliki ukuran yang relatif kecil jika dibandingkan dengan kebanyakan game saat ini. Hal ini juga ada kaitannya dengan tahun dimana game tersebut diluncurkan dimana pada saat itu teknologi game belum secanggih saat ini.

Dengan kecanggihan teknologi porting, kini game PSP sudah bisa dimainkan di perangkat mobile. Membuat banyak orang ingin kembali bernostalgia dengan memainkannya. Akan tetapi ingat, untuk memainkan game PSP di Android, kamu membutuhkan tools tambahan yang dinamakan emulator.

Di sini tidak akan dibahas tentang emulator tersebut karena kamu bisa mencarinya dengan mudah di internet. Tapi jangan khawatir karena di sini akan diberikan rekomendasi game PSP berukuran kecil yang paling seru untuk dimainkan.

Rekomendasi Game PSP Ukuran Kecil Paling Seru

Assassin’s Creed – Bloodlines

Assassin’s Creed – Bloodlines

Rekomendasi pertama pada daftar ini punya judul Assassin’s Creed – Bloodlines. Buat kamu yang rajin mengikuti seri Assassin Creed, maka kamu wajib memainkan seri yang satu ini. Karena memang developer game ini tidak hanya merilis game-nya di console atau PC saja, tapi juga PSP.

Untuk gameplay yang akan kamu temukan tidak akan berbeda jauh dari gameplay Assassin Creed yang lain. Justru di sini kamu akan menemukan lingkungan dan tema yang baru dan lebih segar. Perbedaan pastinya terdapat pada grafik yang akan lebih mirip dengan game-game PS 2.

Asphalt – Urban GT 2

Asphalt – Urban GT 2

Suka bermain balap mobil di jalanan? Jika iya, maka Asphalt – Urban GT 2 adalah game PSP kecil buat kamu. Dari judulnya, mungkin kamu tidak asing karena memang franchise Asphalt sudah banyak dilihat di Play Store.

Tapi memang di zaman dulu dimana game mobile belum se-ramai sekarang, Asphalt merilis game-nya salah satunya di PSP. Termasuk game yang berjudul Asphalt – Urban GT 2 ini.

Seri Asphalt ini menawarkan gameplay balapan yang sangat seru dengan grafik yang cukup bagus di era itu. Tapi jangan berharap terlalu banyak efek seperti game-game zaman sekarang. Pasalnya, game ini lebih cocok untuk bernostalgia vibes game balapan beberapa tahun lalu.

Avatar: The Last Airbender

Avatar The Last Airbender

Bernostalgia dengan karakter-karakter kartun masa kecil seperti Aang, Sokka, Katara, dan teman-temannya dengan game Avatar: The Last Airbender. Game PSP ukuran kecil ini cukup seru untuk dimainkan dimana kamu bisa menggunakan Aang sebagai tokoh utamanya.

Kekuatannya sebagai Avatar pun bisa kamu pakai untuk menghajar musuh yang menghadang. Grafiknya juga sangat khas game PSP sehingga sangat cocok untuk bernostalgia sambil membunuh waktu.

Game ini hanya berukuran 110 MB saja sehingga tidak akan terlalu banyak memakan ruang penyimpanan.

GTA: Vice City Stories

GTA Vice City Stories

Kalau kamu pecinta seri game Grand Theft Auto atau yang lebih sering disebut GTA, maka kamu pasti kenal dengan judul GTA: Vice City. Salah satu seri GTA terbaik tersebut ternyata bisa kamu nikmati di PSP atau lebih tepatnya di smartphone-mu untuk saat ini dengan judul GTA: Vice City Stories.

Meskipun pada dasarnya dimainkan untuk PSP, tapi kamu bisa menikmati game ini dengan grafik maksimal seperti layaknya bermain di PlayStation.

Hal menarik lain yang bisa kamu dapatkan di sini adalah kamu bisa bermain menggunakan cheat seperti pemain GTA pada umumnya. Untuk cara memasukkan cheat-nya kamu tidak perlu bingung, karena di layar smartphone-mu akan muncul tombol yang sama seperti di PSP.

GTA: Vice City Stories dapat diunduh dengan ukuran 826 MB.

Boruto The Next Generation

Boruto The Next Generation

Ya, kamu tidak salah baca. Di game ini kamu bisa menggunakan Boruto dan kawan-kawan yang berasal dari seri Boruto: Naruto The Next Generation. Seru, bukan? Tapi, jangan salah karena pada dasarnya game PSP ukuran kecil ini bukan merupakan game yang benar-benar baru.

Akan tetapi merupakan modifikasi dari game Naruto Ultimate Ninja Impact. Gameplay-nya pun sangat seru untuk ukuran game PSP. Jadi bagi para pecinta Naruto terutama Boruto, jangan melewatkan game PSP yang satu ini.

Ukuran game ini sendiri 1 GB. Sedikit lebih besar dari game versi aslinya karena di sini kamu akan mendapatkan banyak tambahan terutama dari seri Boruto seperti Sarada, Sasuke dan Naruto dewasa, Chou Chou, dan Boruto itu sendiri.

Adventures To Go!

Adventures To Go!

Adventures To Go! adalah game PSP berukuran kecil ISO dengan tema petualangan. Di dalam game ini kamu bisa menikmati dunia yang indah dan penuh warna. Tapi jangan lupa juga kamu juga bisa melawan monster-monster dan musuh dengan jurus dan efek yang memukau.

Adventures To Go! merupakan salah satu game PSP dengan tema RPG dengan konsep yang sederhana. Khas game-game RPG di era itu sehingga cocok untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan game RPG offline dengan mekanisme yang belum terlalu ribet.

Crash Tag Team Racing

Crash Tag Team Racing

Ingatkah kamu dengan salah satu ikon paling terkenal bagi game-game PlayStation yang bernama Crash Bandicoot? Kini kamu bisa kembali bernostalgia dengan karakter lucu tersebut melalui game PSP bernama Crash Tag Team Racing.

Seperti namanya, game ini memiliki tema balapan dimana setiap karakter di dunia Crash Bandicoot akan beradu kecepatan menggunakan Cart. Jika kamu pernah bermain CTR di PS 1, maka kamu akan lebih familiar dengan gameplay-nya.

FIFA Street

FIFA Street

Bosan dengan game sepak bola yang itu-itu saja? Mungkin kamu harus mencoba game PSP ukuran kecil yang satu ini. Judulnya adalah FIFA Street. Seperti namanya, game ini membawa konsep sepak bola jalanan.

Dimana kamu akan memainkan sebuah tim dengan 4 orang dan harus mengalahkan tim lain. Lapangannya pun kecil layaknya lapangan futsal, hanya saja lapangan ini bernuansa jalanan dan terlihat cukup realistis.

FIFA Street hanya memiliki ukuran 195 MB saja.

Burnout Legends

Burnout Legends

Berbicara tentang game balapan, tentu saja kita tidak bisa meninggalkan judul yang satu ini. Burnout adalah seri game balapan rusuh yang selalu diminati di pasaran. Cukup berhasil di PlayStation, ternyata Burnout juga hadir untuk konsol portabel dengan judul Burnout Legends.

Kabar baiknya, kamu juga bisa memainkannya sekarang dengan emulator PPSPP dengan ukuran hanya 62 MB saja. Dengan ukuran sekecil itu, kamu sudah bisa menikmati balapan penuh adrenalin. Karena selain adu kecepatan, kamu bisa saling tabrak dan senggol untuk mengalahkan lawan.

Naruto Shippuden Kizuna

Naruto Shippuden Kizuna

Seri game Naruto mungkin lebih akrab dengan tema bertarung 1 lawan 1. Jika kamu mulai bosan dengan tema seperti itu, kamu bisa mencoba game Naruto dengan nuansa yang baru dengan judul Naruto Shippuden Kizuna.

Di game ini kamu bisa berpetualang dan bertarung dengan musuh menggunakan mekanisme yang baru. Dimana kamu tidak hanya bisa bertarung satu lawan satu tapi juga bertarung dengan beberapa lawan sekaligus.

Menariknya lagi, di game ini kamu juga bisa mengikuti jalan cerita yang sama seperti di anime-nya. Bagi para pecinta Naruto, game ini pasti sangat seru sambil mengingat-ingat kembali bagaimana jalan cerita anime tersebut.

Dragon Ball Z – Shin Budokai

Dragon Ball Z – Shin Budokai

Masih dari game dengan basis anime, game PSP ukuran kecil kali ini datang dari seri anime Dragon Ball, lebih tepatnya berjudul Dragon Ball Z – Shin Budokai. Masih sama seperti game Dragon Ball Z pada umumnya, pada game Dragon Ball ini kamu bisa menikmati pertarungan epik antar karakter.

Ada banyak karakter menarik yang bisa kamu gunakan di sini seperti Goku, Vegeta, Gohan, Piccolo, Trunk, dan masih banyak lagi.

Superbike World Championship

Superbike World Championship

Bermain PSP memang cocok dengan memainkan game-game santai dan ringan seperti Superbike World Championship. Dari namanya pasti sudah tertebak kalau game ini merupakan game balap motor.

Bagi para pecinta balap motor, Superbike World Championship bisa menjadi game yang sangat seru untuk dimainkan. Pasalnya dengan ukuran yang relatif kecil atau hanya ratusan MB saja, kamu bisa menikmati game balapan dengan grafik yang cukup bagus.

Marvel Ultimate Alliance 2

Marvel Ultimate Alliance 2

Penggemar berat Marvel wajib memainkan game ini. Marvel Ultimate Alliance 2 adalah game dimana pemainnya bisa menggunakan hero-hero Marvel yang terkenal, seperti Iron Man, Wolverine, Hulk, Captain America, dan masih banyak lagi.

Game ini sendiri tidak memiliki genre fighting satu lawan satu, melainkan petualangan. Serunya, di sini kamu tidak akan bermain sendiri karena kamu akan menggerakkan sebuah tim Avengers untuk menumpas kejahatan.

Toy Story 3

Toy Story 3

Satu lagi game PSP kecil nan santai yang bisa kamu mainkan di smartphone dengan emulator. Judulnya adalah Toy Story 3. Game ini menawarkan grafik 3 yang cantik untuk ukuran PSP. Bahkan, di sini kamu bisa menemukan karakter-karakter yang pastinya sudah tidak asing seperti Woody dan kawan-kawan.

Toy Story 3 akan membiarkanmu menjelajah dunia yang indah di dalam maupun di luar rumah sebagai sekelompok mainan dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Game ini hanya berukuran 133 MB saja sehingga tidak akan memakan terlalu banyak sumber daya.

Bomberman

Bomberman

Gamer 90-2000 an pasti masih ingat dengan salah satu game paling ikonik yang satu ini. Ya, Bomberman adalah game yang memiliki sangat banyak penggemar pada zamannya. Kabar baiknya kini kamu bisa bernostalgia dengan kembali memainkannya untuk versi PSP di smartphone.

Game ini juga termasuk ke dalam game PSP ukuran kecil agar kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan ketika memainkannya.

Call of Duty: Roads to Victory

Call of Duty Roads to Victory

Di era modern ini, mungkin kebanyakan gamer mengetahui Call of Duty sebagai game triple A dengan grafis dan gameplay yang memuaskan. Di balik itu semua, franchise game ini memang sudah dibangun sejak lama, termasuk Call of Duty: Roads to Victory yang menjadi bagian dari perjalanannya.

Game ini dirilis untuk PSP dan dapat dinikmati menggunakan emulator sekarang. Seperti layaknya kebanyakan game Call of Duty, pemain bisa merasakan atmosfer perang yang mencekam. Salah satu game perang terbaik yang bisa kamu nikmati di konsol portabel.

F1 Grand Prix

F1 Grand Prix

Penggemar jet darat sebaiknya tidak melewatkan game yang satu ini. F1 Grand Prix adalah game PSP ukuran kecil dengan grafis dan gameplay terbaik pada masanya. Kamu akan beradu kecepatan dengan driver lain di track yang pastinya sama seperti aslinya.

Pembalap-pembalap lama seperti Sebastian Vettel, Felipe Massa, dan lain-lain bisa kamu temui dan kamu gunakan untuk balapan di game ini.

God of War

God of War

Jika kamu ingin melengkapi jalan cerita God of War yang sudah kamu mainkan selama ini, kamu bisa menemukan puzzle yang hilang pada game God of War yang dirilis untuk PSP ini. Ya, game ini masih satu universe atau masih satu jalan cerita dengan game-game God of War masa kini.

Bahkan ceritanya masih bersambung dengan game God of War yang sekarang dirilis untuk PS 5. Jadi buat kamu penggemar petualangan Kratos, maka God of War versi PSP ini wajib dimainkan.

Aces of War

Aces of War

Game selanjutnya datang dari genre simulasi perang yang judulnya Aces of War. Game yang satu ini menyajikan mekanisme perang yang cukup realistis untuk ukuran game konsol portabel. Untuk gameplay-nya sendiri cukup seru dengan berbagai arena perang dan cerita yang bisa diikuti.

Tidak hanya tembak menembak, pada Aces of War kamu juga bisa menggunakan dan menerbangkan pesawat dan melakukan duel udara. Para pecinta game perang tidak boleh melewatkan game yang hanya memiliki ukuran 122 MB ini.

After Burner – Black Falcon

After Burner – Black Falcon

Masih dari genre yang sama seperti sebelumnya yakni perang, After Burner – Black Falcon juga bisa menjadi alternatif menarik buat kamu yang sedang mencari game PSP ukuran kecil. After Burner – Black Falcon merupakan game perang yang lebih berfokus pada perang udara.

Kamu akan berperan sebagai pilot sebuah pesawat yang sudah dilengkapi senjata. Kamu akan melaksanakan berbagai misi termasuk misi pengejaran yang seru. Tidak hanya mengejar dan menembak, kamu juga harus mempertahankan pesawatmu agar tidak tertembak jatuh oleh lawan.

Alien Syndrome

Alien Syndrome

Rasakan sensasi menegangkan bertarung melawan alien di game PSP berjudul Alien Syndrome. Game ini bisa kamu nikmati dengan ukuran 232 MB saja.

Alien Syndrome memiliki genre RPG yang artinya kamu tidak hanya akan bertarung melawan alien secara monoton saja. Kamu juga bisa melakukan crafting, mengumpulkan berbagai item untuk melakaukan banyak hal menarik.

Ape Escape – On The Loose

Ape Escape – On The Loose

Beberapa dari kamu mungkin mencari game yang santai dan memiliki grafis lucu, jika iya maka game berjudul Ape Escape – On The Loose adalah jawabannya. Pasalnya, di game ini kamu akan disajikan dengan petualangan seekor kera yang kabur.

Grafis yang disajikan penuh warna sehingga sangat cocok untuk dimainkan di kala santai. Game ini juga cocok untuk dimainkan oleh anak-anak karena tidak mengandung konten kekerasan atau semacamnya.

Baca Juga:

Ukuran game-game di atas berkisar antara 100 MB sampai 1 GB. Dibandingkan dengan game mobile asli, ukuran ini mungkin relatif cukup besar, akan tetapi ini sudah menjadi standar karena game PSP telah mengalami porting dari konsol PSP itu sendiri agar bisa dimainkan di perangkat mobile.

Jangan lupa juga sebelum memainkan game PSP ukuran kecil di atas, kamu wajib menginstall emulator PSP dulu di smartphonemu. Hal ini dikarenakan game-game tersebut tidak bisa langsung diinstall apalagi dimainkan jika tanpa emulator.


Posted

in

by

Tags: