15 Lagu Populer Indonesia Dekade 80 90 Pilihan Vantage

  1. “Masih Ada” – 2D. Ini lagu cinta yang liriknya begitu legendaris. Sanggup merontokan kalbu, dan mampu membuat kita terharu ngilu bila mendengarnya berulang-ulang.
  2. “Tentang Kita” – KLA Project. Ini merupakan dobrakan dari band new age lokal paling berbahaya saat itu. Liriknya sangat puitis.
  3. “Bebas” – Iwa K. Menjadi tonggak hiphop lokal era 90s. Iwa Kusuma adalah yang pertama kali mempopulerkan jenis musik ini di tanah air. Dia mempersembahkan gebrakan baru terhadap khasanah musik Indonesia pada saat itu.
  4. “Jalan Sore” – Denny Malik. ”Jalan sore..kita berjalan jalan sore sore.” Merupakan cuplikan lirik paling terngiang-ngiang sepanjang era 80’s 90’s.
  5. “Kau Yang Terindah” – Java Jive. Inilah tembang cinta nan menggelora bagi pemuda pemudi saat itu. Hingga kini oleh anak-anak sekarang sering dilantunkan sebagai lagu anthem pujian terhadap pasangan perempuannya.
  6. “Kau” – Candra Darusman. Awal sejarah musik pop Indonesia berawal dari sini.
  7. “Terserah Boy” – Atiek CB. Soundtrack fenomenal dari film bioskop berseri paling legendaris sepanjang masa ‘Catatan si Boy’
  8. “Ada Kamu” – Hari Moekti. Baik video clip, notasi lagu, lirik, berada di kelas yang sama, yakni premium. Bekas vokalis Makara ini merupakan ikon tak tergantikan di belantika pop rock lokal. Lengkingan suaranya super khas, dan tak terkejar oleh penyanyi mana pun.
  9. “Tentang Aku” Jingga. Jangan bicara sejarah lagu 90’s lokal jika tidak memasukan lagu ini ke daftarnya.
  10. “Bercinta di Udara” – Farid Hardja. Ini lagu dari seseorang yang karyanya begitu dielu-elukan rakyat Indonesia pada zaman 80-an. Semua orang cinta dirinya, dan selalu setia menunggu karya-karya terbarunya. Beliau merupakan salah satu seniman flamboyan yang lagu-lagunya patut diacungi jempol, sekaligus menjadi referensi musisi-musisi masa kini.
  11. “Barcelona” Fariz RM. Lagu paling keren dari pemuda paling keren di era 80-an.
  12. “Terserah” Humania. Menjadi salah satu tonggak pop ekletik lokal era 90’s. Duo ini mempersembahkan gebrakan soul ke khasanah musik Indonesia pada saat itu.
  13. “Kangen” Dewa 19. “Kuterima suratmu, dan kubaca, dan aku pun mengerti.” Ini merupakan penggalan lirik yang paling sering kita dengar saat di bangku sekolah.
  14. “Burung Camar” Vina Panduwinata. Saking tenarnya lagu ini, Vina pun jadinya dijuluki si “Burung Camar”. Sebuah karya bernas yang lagunya akan selalu enak didengar pada setiap zaman.
  15. “Hip Hip Hura” Chrisye. Sebuah lagu disko lokal yang sangat legendaris, dan lahir di era 80-an. Hampir bisa dipastikan, semua orang Indonesia mengenal lagu ini dengan baik.