Pride Month Filter: Dukungan Transparan Instagram Terhadap LGBT

Menengok 3 pekan terakhir, saya banyak menjumpai lelucon yang dibuat oleh teman-teman mengenai fitur Pride Filter yang Instagram luncurkan di bulan Juni 2020 ini. Beberapa teman melontarkan lelucon dan sarkas yang sebenarnya juga terdapat pertanyaan di dalam kepala mereka tentang “apa tujuan Instagram sebenarnya membuat Pride Filter?”

Di Indonesia berbicara tentang LGBT masih sebuah hal yang tabu, sehingga tidak banyak orang yang tahu bahwa alasan Instagram membuat Pride Filter adalah sebagai bukti solidaritas kepada kelompok LGBT.

Namun pada kenyataannya perayaan #PrideMonth memiliki sejarah yang cukup kelam. Era 1960-an merupakan tahun-tahun yang sangat kelam bagi kelompok LGBT di Amerika. Karena pada masa itu menjalin hubungan dengan sesama jenis dianggap ilegal serta melanggar hukum.

Stonewall Inn adalah salah satu bar yang dijadikan sebagai tempat berkumpul kelompok LGBT di New York. Selain menjual alkohol, tempat ini juga dianggap sebagai “rumah” bagi kaum-kaum yang termajinalkan. Lalu pada tanggal 28 Juni 1969, tempat yang dianggap sebagai tongkrongan kaum yang dianggap “melawan arus” ini digerebek oleh sekelompok polisi yang melakukan penangkapan terhadap 13 orang. Bahkan polisi menarik paksa dan memukul seorang lesbian untuk masuk ke dalam mobil polisi karena melakukan perlawanan. Tidak berhenti disitu, karena sudah muak dengan diskriminasi yang dilakukan polisi terhadap kelompok LGBT, para pelanggan dan warga sekitar Stonewall Inn enggan membubarkan diri, dan kerusuhan pun terjadi. Kekacauan yang terjadi di Stonewall Inn ini menjadi sebuah titik balik bagi pergerakan kelompok LGBT untuk menghapus diskriminasi atas orientasi seksual seseorang.

Di tahun berikutnya pada 1970, seorang transgender perempuan yang melempar batu pertama kali ke Stonewall Inn mengorganisir sebuah parade kecil untuk mengenang perlawanan pada tahun sebelumnya yang sekarang dikenal sebagai Pride Parade.

Pride Parade sendiri dijadikan sebagai wadah aspirasi, ekspresi, untuk mengingat kelompok orang yang mati karena HIV/AIDS. Pride Parade adalah momen yang tepat untuk pergi ke beberapa kota, di mana kita bisa melihat bagaimana mereka merayakan perbedaan. Mulai dari bendera pelangi hingga pawai, ada banyak sekali kota-kota di seluruh dunia yang merayakan Pride Month dengan unik. Dari diskon retail di pusat perbelanjaan, hingga festival musik yang digelar berhari-hari, menjadi sebuah bentuk perayaan untuk #PrideMonth sudah belangsung selama 50 tahun ini.