Rupa Sepi Jakarta dari Dekade 70-an Hingga 90-an

Rupa Sepi Jakarta dari Dekade 70-an Hingga 90-an

Entah bagaimana algoritma dari situs streaming video bekerja. Rekomendasi video yang ada di samping kiri layar nampaknya punya daya magis yang menggerakan jemari untuk mengklik satu demi satu videonya. Kebanyakan sesuai dengan minat dan kesukaan, sebagian konten sampah dengan klik bait. Di antara yang terbaik dan punya efek menarik atensi adalah video-video Jakarta medio lampau.

Sebagai ibu kota, Jakarta harus punya segudang fasilitas dan tata kota yang menjadi wajah bagi negara. Layaknya kota metropolitan yang menjadi pusat acuan peradaban bangsa, perkembangan pembangunan, gaya hidup hingga fashion penghuninya kian cepat berganti mengikuti era di kota tersibuk di seantero nusantara. Pergantian wajah Jakarta dan cara hidup penghuninya terlihat jelas dari kompilasi raw footage tentang Jakarta di tahun-tahun silam yang diunggah channel-channel Youtube anonim.

Salah satu yang mencolok atensi mata adalah pemandangan Jakarta dekade 70-an. Lalu lintas belum mengenal istilah “macet” di hari itu. Aspal Sudirman-Bundaran HI-Thamrin di isi Sedan bermoncong panjang, bus PATAS dengan Mercedes-Benz OF 1113-nya, beragam jenis Vespa dengan pengemudi tanpa helm, helicak hingga sepeda ontel semilir melintas lancar tanpa hambatan. Tanah lapang masih tersebar di tengah kota seolah belum ada tanda-tanda kota ini akan padat dan super sibuk seperti dekade ini.

Sorot gaya berbusana warga Jakarta tahun 70-an pun nya punya khasnya. Untuk para pria, setelan kemeja slim-fit dua kantong, celana kordurai cut-bray dan kacamata berlensa sebesar pantat botol nampak sedang jadi tren. Sementara para wanita anggun nan elegan dengan balutan Maxi dress corak bunga, jumpsuit berwarna pastel atau blus ketat monokrom.

Usai melihat sepinya Jakarta di tahun-tahun 70 video selanjutnya diputar. Kali ini maju 20 tahun kemudian ke medio 1990-an. Salah satu video yang berisi kompilasi footage-footage VCR hasil rekaman pribadi yang bertanggal 13 Juni 1993 itu menunjukan Jakarta kian maju dengan beragam fasilitasnya dan pembangunanya. Gedung-gedung tinggi mulai bercokol sepanjang Senayan, pusat perbelanjaan kian variatif dan transportasi umum mulai dihiasi kehadiran Bajaj, Taxi dan bus antar kota. Armada taxi Blue Bird masih mengunakan Ford Laser kala itu dan sedangkan bus Mayasari dan PPD kian penuh disesaki penumpang kala masih menjadi transportasi harian penghuni kota. Jakarta makin terlihat sebagai kota metropolitan yang padat, sibuk dan penuh sarana dan pra-sarana yang menunjang hidup warganya.

Deretan video-video ini menunjukan cepatnya pembangunan dan transisi gaya hidup masyarakat ibu kota. Dokumentasi semi-professional ini jadi bukti otentik tumbuhnya rupa peradaban modern seiring berjalannya waktu.

Share this article :
Vantage Banner Ads