Setiap negara pastinya memiliki aturan yang berbeda-beda, termasuk peraturan menyangkut alkhol. Beberapa diantaranya terkesan aneh, namun ada juga yang sangat tegas. Berikut adalah peraturan unik tentang minum minuman keras di sejumlah negara.

Colorado

Colorado adalah sebuah negara bagian di barat Amerika Serikat. Colorado terkenal sebagai tempat puncak tertinggi dari pegunungan Rocky yang mendominasi bagian barat dari negara bagian ini; Colorado timur sebagian besar merupakan dataran tinggi. Ibu kota negara bagian dan kota terbesar adalah Denver, Colorado; wilayah metropolitan Denver berisi setengah dari populasi negara bagian ini (2,5 juta dan 4,3 juta).

Nama negara bagian ini diambil dari bahasa Spanyol “Colorado” yang berarti “berwarna kemerahan” yang mungkin menunjuk ke sandstone merah di wilayah ini atau warna coklat kemerahan dari Sungai Colorado.

Agama kepercayaan yang dianut oleh warga Colorado adalah Kristen Protestan dan Katolik. Dalam pemerintahan, Colorado dibagi dalam 3 bagian:Eksekutif,Legislatif dan Yudikatif. Gubernur memegang kekuasaan tertinggi dalam bidang eksekutif, Mahkamah Agung Colorado dibidang yudikatif dan Majelis Rakyat Colorado yang dibagi dalam dua kamar:Senat dan DPR.

Olahraga yang berkembang di Colorado adalah Baseball, Sepak Bola dan Basket. Beberapa tim yang terkenal seperti Colorado Rockies yang bermain di Liga Baseball dan Denver Broncos yang menjadi tim sepak bola kebangaan Colorado.

Di Colorado, kuda tidak hanya sebagai hewan peliharaan, namun juga sebagai mode transportasi resmi. Dengan demikian, Anda dilarang menunggang kuda sambil mabuk atau berada di pengaruh alkohol. Jika tertangkap menunggang kuda dalam keadaan mabuk, maka dapat dikenakan pasal mengemudi dalam keadaan mabuk, sama seperti jika sedang mengendarai kendaraan pada umumnya.

Oklahoma

Oklahoma juga merupakan sebuah negara bagian Amerika Serikat. Negara bagian ini terletak di bagian selatan. Pada tahun 2008, negara bagian ini memiliki jumlah penduduk sebesar 3.642.361 jiwa dan memiliki luas wilayah 178.023 km². Ibu kotanya adalah Oklahoma City.

Oklahoma juga masuk dalam enam negara bagian yang membolehkan perempuan memperlihatkan payudara mereka dan bepergian topless di depan umum.

Ada sebuah peraturan unik yang berbentuk undang-undang di negara ini. Pemerintahnya melarang penjualan bir dingin dengan alkohol di atas 4 persen berdasarkan volumenya. Ini berarti, jika ingin menikmati bir dingin, Anda harus mendinginkan bir sendiri. Anda mungkin masih bisa mendapatkan beberapa minuman di kulkas pendingin. Tapi untuk mengonsumsinya, harus menanggung risiko sendiri.

Australia

Australia, resminya Persemakmuran Australia (bahasa Inggris: Commonwealth of Australia), adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Kira-kira 40.000 tahun sebelum pendudukan bangsa Eropa pada akhir abad ke-18, Australia telah dihuni oleh Aborigin, yang menggunakan salah satu dari 250 kelompok bahasa.

Sebagai sebuah negara maju yang makmur, Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Australia berperingkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antarbangsa seperti pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan ekonomi, dan perlindungan kebebasan sipil, dan hak-hak politik.

Ada satu peraturan unik tentang alkohol di Australia. Di negeri kangguru ini tidak bisa memesan koktail atau minuman keras lain setelah pukul 12 malam, karena melayani orang-orang setelah tengah malam di Australia melanggar hukum.

Malaysia

Malaysia adalah anggota perintis ASEAN dan turut serta di berbagai organisasi internasional, seperti PBB. Sebagai bekas jajahan Inggris, Malaysia juga menjadi anggota Negara-Negara Persemakmuran. Bangsa Melayu menjadi bagian terbesar dari populasi Malaysia. Terdapat pula Ras Tionghoa Malaysia dan India Malaysia yang cukup besar. Malaysia juga dipandang sebagai salah satu dari 18 negara berkeanekaragaman hayati terbesar di dunia.

Jika tertangkap mengemudi dalam keadaan mabuk di Malaysia, Anda serta istri atau pasangan juga dapat dipenjara. Jika Anda berjalan lebih jauh ke selatan, anggota keluarga lain juga bisa ikut dipenjara.

El Savador

El Salvador terletak di Amerika Tengah, yang luas totalnya 8.123 mil persegi (21.040 km²), hampir seukuran negara bagian Massachusetts. El Salvador adalah negara terkecil di benua Amerika. Karena ukurannya negeri ini sering dijuluki “Tom Thumb dari Amerika” (Pulgarcito de America).

Sejarah awal El Salvador sebagai negara merdeka—seperti yang lainnya di Amerika Tengah—ditandai oleh sejumlah revolusi; tak sampai periode 1900-30 keadaan yang relatif stabil tercapai. Elit ekonomi, berdasarkan pada pertanian dan beberapa pertambangan, menguasai negeri ini bersama dengan militer.

Di negara ini, Meskipun belum diwajibkan, mereka yang mengemudi dalam keadaan mabuk pertama kali di El Salvador, bisa terkena hukuman mati. Sebuah peraturan unik namun mengerikan.