Open BO, Baper, Akun Terverifikasi, Sumbu Pendek, Adalah Hasil Dari Media Sosial

Media sosial mungkin jadi salah satu kebutuhan sekunder terkini masyarakat. Peranan nya jadi urgensi bagi setiap pengguna ponsel pintar. Influensial, dengan kayanya varian konten dan informasi yang tersedia di dalamnya.

Menurut data Hootsuite pada 2019 lalu, tercatat Indonesia memiliki 150 juta pengguna aktif sosial media. Angka yang fantastis, sebanding dengan 56% jumlah penduduk Indonesia. Data ini menunjukan bahwa sebagian besar komunikasi perbincangan dan topik-topik terkini dibahas di sosial media. Sedangkan untung perangkat mayoritas pengguna sosial media sendiri mengaksesnya lewat ponsel pintar.

Sosial media besar seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram hingga Tiktok memiliki fitur unggulan nya masing-masing yang membuat netizen candu menggunakan nya. Berbagai fitur tersedia di platform-platfrom sosial media terkini. Persaingan fitur ini lambat laun membentuk karakteristik pengguna sosial media. Tingkah pola pengguna di setiap media sosial adalah cerminan yang biasanya jarang jadi perhatian. Menariknya hal ini jadi pencirian yang jadi khas tiap platform.

Youtube

Konten streaming merajai jagat dunia maya dengan konsumsi terbesar. Menurut Hootsuite, 98% konten video di sosial media maupun internet lebih ditelan mentah-mentah. Konten video di jagat dunia maya juga dikenal dengan daya tarik dan muatan audio/visual yang lebih interaktif. Youtube merupakan pionir terdepan garda video streaming.

Total 132 juta pengguna aktif di Indonesia hinggap di aplikasi ini. Kebanyakan adalah penonton aktif dan sebagian lagi merupakan para konten kreator. Youtube memiliki karakteristik pengguna haus informasi, punya rasa ingin tahu besar akan suatu topik dan untuk para creator memiliki sifat pemburu popularitas.

Facebook

Facebook dapat dikatakan sebagai gerbang yang membuka mata masyarakat Indonesia untuk bersosial media. Kultusnya pada awal 2009 membawa segenap pengguna internet mengisi kolom daftar akun nya. Di Indonesia sendiri per 2019 Facebook telah mengumpulkan 130 juta pengguna aktif.

Dengan kelengkapan konten Facebook menjadi lahan yang tepat untuk berjejaring. Fitur group, messanger, page hingga fitur Video dan Live Streaming tersedia. Namun kini Facebook terlihat sedikit usang. Mayoritas pengguna nya berisi para dewasa. Karakteristik pengguna Facebook yang tercermin jelas seperti Berkomunitas, mudah tersulut amarah, konservatif, cepat termakan isu-isu kurang tanpa validasi dan gemar berjulid ria hingga terbawa perasaan.

Twitter

Twitter unggul dengan kecepatan informasi dan simplifikasinya. Fiturnya tidak sebanyak Facebook dan Youtube, namun kesederhanaan itulah yang membuat Twitter dapat menyampaikan informasi secara cepat ditambah dengan adanya fitur retweet membuat pengulangan dan penyebaran isu-isu, topik dan pembahasa lebih mudah. Ada juga fitur thread untuk merangkum lebih dari satu tweet.

Kicauan para pengguna Twitter adalah yang terdepan dan tercepat merespon isu. Twitter sebagai media sosial ter up to date dapat diadu dengan para pendahulunya. Pengguna Twitter mencerminkan sifat haus informasi, penuh analisa dan kritis terhadap suatu isu dan keras kepala. Twitter juga dipenuhi bisnis prostitusi yang prosesnya lewat direct message.

Instagram

Instagram adalah maha dengan segala fitur-fitur terkininya. Mengusung kelengkapan audio visual Instagram merupakan platform terdepan dengan minat tinggi di era ini. 62 juta pengguna di Indonesia berhasil terangkul aplikasi ini. Instagram juga unggul dengan fitur Instagram story nya yang digemari para penggunanya.

Dengan banyaknya fitur dan perkembangan pesat penggunanya. Fitur unggah foto dan video yang disediakan banyak diminati. Selain untuk galeri pribadi, Instagram sering pula dijadikan sarana berdagang. Kebanyakan pengguna sosial media Instagram memiliki karakter pemburu keindahan dan keseksian, narsis, haus popularitas dan pembisnis.

Tiktok

Aplikasi ini memiliki keunggulan paling berbeda. Tiktok merupakan aplikasi yang menyediakan layanan simpel olah video music pendek. Dengan pilihan musik dan filter video yang tersedia, Tik Tok kian diminati. TikTok diperkirakan akan menjadi media sosial yang berkembang pesat di 2020 ini.

Dengan fitur lagu dan pilihanan filter yang tersedia di dalamnya, Tiktok mengeksplorasi kemampuan dance dan ekpresi penggunanya. Kebanyakan penggunanya memiliki sifat narsis, ekspresif, kreatif sekaligus anti guilty preasure.