Lawatan Influensial Run DMC di Tanah Air

Desember 1994 menjadi tahun yang bersejarah bagi hikayat musik Nusantara, terutama pada kultus hiphop yang kedatangan salah satu Nabi besarnya asal Hollis, Queen, New York. Mereka adalah Run-DMC yang datang menggebrak seisi Tennis Indoor Senayan Jakarta dan Bumi Sangkuriang Bandung dalam rangkaian tur promo album Down With The King. Konser bersejarah yang agaknya merubah peta perjuangan milisi-milisi hip-hop lokal dan melecut semangat juangnya untuk lebih buas bergeriliya dalam berkarya.

Grup hiphop yang beranggotakan Joseph “Run” Simmons, Darryl “DMC” McDaniels dan Jason “Jam James Jay” Mizzel ini nampak tak ingin setengah-setengah di album keenamnya Down With The King. Run-DMC nampak ingin membuktikan mereka masih tajam menghasilkan rima dan beat kualiatas wahid usai album terdahulunya Back From The Hell yang dirilis pada 1990 dianggap kurang menggigit, dinilai buruk dan kurang bersaing di pasar musik dunia. Untuk itu, promosi album Down With The King terkenal cukup massif ke berbagai penjuru dunia.

Kembali ke Jakarta, pada 14 Desember 1994, dengan tiket masuk seharga 30 ribu rupiah, beribu orang memadati Tennis Indoor Senayan untuk melihat langsung bagaimana komplotan rap influensial ini beraksi. Esok harinya, Run-DMC bertolak ke Paris Van Java dan melakukan aksi sama di aula Bumi Sangkuriang. Ratusan jiwa yang beruntung datang hari itu dibuat tak kuasa menahan diam ketika Jam James Jay memutar bit-bit enerjiknya. Begitu pula ketika Joseph Simmons dan Darryl McDaniels muncul dan melantunkan rima demi rima yang disaut hafal para hadirin yang sekali lagi dapat diberi predikat “super-beruntung” menjadi saksi mata momen sakral tersebut.

Kehadiran Run-DMC di dua kota yang menjadi kiblat mode Indonesia tersebut digadang-gadang menjadi subtansi yang melecut semangat baru para penggiat hiphop tanah air untuk semakin bergeriliya melahirkan karya-karya hebatnya, mungkin salah satunya album kompilasi apik Pesta Rap 1 yang diisi rapper-rapper lokal pada 1995. Pesta Rap 1 pun meledak dan sukses menjadi embrio kancah hiphop Indonesia yang kian tumbuh, berkembang dan menjadi sebuah kalcer besar hari ini.

Sumber Foto : Decider