Kelompok Hacker Paling Ditakuti di Dunia

Dalam dunia kejahatan siber, ada beberapa kelompok hacker yang terkenal dan ditakuti. Salah satunya adalah Anonymous yang dikenal sering beraksi untuk melakukan aksi protes pada berbagai insiden terkenal dunia.

Salah satu kegiatannya yang terkini adalah peretasan situs kepolisian Minneapolis, Amerika Serikat setelah insiden kematian George Floyd yang dikaitkan dengan terjadinya rasisme tehadap masyarakat kulit hitam.

Dianggap sebagai aktivis, Anonymous merupakan komunitas dunia maya yang tidak berafiliasi dengan politik tertentu. Kelompok ini bahkan menentang sensor dan kontrol pemerintah serta mendukung kebebasan berpendapat di internet. Anonymous memiliki ciri khas topeng Guy Fawkes yang digunakan pada tiap kemunculannya. Anggota dari kelompok ini disebut dengan “anons” yang telah tersebar secara global.

Kelompok hacker berikutnya adalah Chaos Computer Club atau lebih dikenal dengan singkatan CCC. Kelompok ini merupakan asosiasi nirlaba dengan kurang lebih 5500 anggota. Hacker ini bekerja secara desentralisasi dan menangani aspek keamanan serta privasi teknologi dunia berbahasa Jerman.

Salah satu aksinya yang mencengangkan adalah manipulasi suara yang menyebabkan Pengadilan Konstitusional Federal Jerman menghentikan penggunaan komputer pemungutan suara yang terjadi di tahun 2006.

Lizard Squad adalah kelompok hacker berikutnya yang ditakuti di dunia maya. Eksistensinya mulai diakui setelah pada malam Natal 2014 mereka mengklaim telah menumbangkan dua layanan berbasis internet, yaitu PlayStation Network dan Xbox Live. Bahkan, kelompok ini juga mengklaim telah meretas jejaring sosial populer, seperti Instagram, Facebook, MySpace, Tinder, Hipchat, dan AOL Instant Messenger.

Menariknya, Lizard Squad memiliki anggota yang mayoritas berusia remaja. Tentu fakta ini membuat banyak pihak merasa miris, mengingat kemampuan mereka yang disalurkan untuk tindakan melanggar hukum. Kelompok ini juga berani bersaing dengan Anonymous yang masih menjadi kelompok hacker terkuat dan berpengaruh, meski akhirnya kemenangan tetap berada pada pihak Anonymous.