Kiprah Spekta Intan Anggita di Setali Indonesia Serta Beberapa Proyek Kreatif Lainnya

Intan Anggita adalah co-founder dari Setali Indonesia, social enterprise yang mengusung semangat fesyen berkelanjutan, praktisi Slow Living, ibu rumah tangga dan Recycling Fashion Waste Artist.

Ia menjalani daur ulang fashion sejak masa kuliah di tahun 2004, dan berlanjut menjadi brand fashion denim tenun untuk mendukung website tentang Indonesia Timur bernama Sight from The East. Melalui brand tersebut Intan mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation Award tahun 2014 dari Menteri Peranan Wanita dan Menkominfo di bidang Art an Culture. Dan, menjadi salah satu dari Women Earth Alliance 2020.

Setelah berusia kurang lebih 7 tahun, brand tersebut berganti persona menjadi brand fashion denim upcycle yang menggunakan “fabric waste” baik itu dari brand local, designer produk, atau donasi dari barang-barang decluttering siapa pun. Nama Sight from The East berubah mmenjadi Sight from The Earth.

Di tahun 2019, Andien Aisyah mengajak Intan untuk mengelola sebuah yayasan yang bergerak di bidang pola hidup berkelanjutan bernama Salur Indonesia. Saat Intan masuk, yayasan tersebut mulai menajamkan fokusnya terhadap fesyen berkelanjutan dan mulai bergerak di bidang daur ulang fesyen. Intan kini melakukan downcyling dan upcycling bersamaan dan mulai membuat Textile Art sebagai upaya “closedloop” fesyen (melakukan downcycling dan upcycling di kegiatan bersamaan), ia pun sering mengisi workshop dan menjadi pembicara di event yang berkaitan dengan pola hidup berkelanjutan.

Project terakhirnya adalah berkolaborasi dengan Ikat Indonesia dan Didiet Maulana serta menjadi narator dan inspirasi upcycle project di film dokumenter Water, The Source of Lyfe produksi dari Anatman Production, berkolaborasi menjadi artis daur ulang di ulangtahun ke 20 Greenpeace Asia Tenggara, berkolaborasi bersama Kabupaten Lestari untuk mengenalkan Tenun Sintang dan terpilih menjadi desainer daur ulang yang akan fashion show di Paris Fashion Week 2020.

Foto: Properti Intan Anggita aka Badut Romantis