Nusantara Bukan Lagi Negara Berkembang

Nusantara Bukan Lagi Negara Berkembang

Indonesia sudah maju. Jangan sebut lagi negeri tempat kita berlindung dari hujan dan panas ini sebagai negara berkembang. Ingat, sudah ada beberapa raksasa online yang lahir dari tanah air, dan turut menentukan periuk bangsa lain, contohnya GoJek. Jadi, Indonesia sudah maju, apapun kendalanya, nusantara tetap bergerak ke depan. Konsisten.

Indonesia sudah maju. Sudah sepatutnya demi menyongsong kehebohan-kehebohan update digital aku, Anda, mereka, dan juga di sekitar kita, membutuhkan lebih banyak lagi ke-awas-an agar tidak nyusruk karena ketinggalan perkembangan. Atau memang Anda berniat untuk tetap purba, organik, serta tak peduli kemajuan teknologi? Jangan dikira tidak ada, populasi yang masih mempertahankan hidup di semesta natural-nya. Coba saja lihat program Nat Geo People dan sebangsanya, atau cari di YouTube, banyak saudara saudari se-adam kita dari pelbagai belahan dunia yang masih mempertahankan pola hidup seperti itu. Bahkan di Indonesia pun masih banyak.

Indonesia sudah maju. Ya, betapa kita sudah tidak ingin direpotkan oleh macam-macam perintilan yang tak penting dan sebenarnya bisa kita persingkat ketika semua orang ingin memesan tiket sebuah perjalanan. Coba flashback ke 25 tahun lalu, jika sekeluarga maupun seseorang ingin melakukan perjalanan maka mereka akan memesannya dengan cara mendatangi travel agent atau via telpon.

Tapi lebih banyak yang datang langsung, sih, daripada melalui telpon. Mereka sekaligus ingin memastikan untuk benar-benar mendapatkan kursi hingga ke nomor kursi. Lalu pada saat hari H ketika akan melakukan perjalanan, travel agent memberikan fasilitas jemput, persis seperti Gocar dan Grab sekarang. Ingin mengenang masa-masa ini? Putar kembali saja film Home Alone 1.

Nah, selanjutnya di era dan dekade yang sudah sangat maju ini, sebuah tempat yang bertajuk sebagai layanan publik transportasi, baik itu lintas udara, lintas laut, maupun lintas darat, sudah memberikan kemudahan yang teramat sangat memudahkan untuk proses pemesanan tiket para calon penumpang-nya. Bahkan beberapa maskapai sudah memiliki online ticketing sendiri. Dan untuk perjalanan darat, contohnya Trans Jakarta, sudah bisa menggunakan e-money, begitu juga LRT maupun MRT, jadi apa masalahnya sampai artikel ini dibuat? Ya kami hanya ingin mengingatkan saja, bahwa Indonesia, terutama Jakarta, sudah sangat maju. Dan, kita ini sudah tidak bisa dibilang negara berkembang lagi, sekarang sudah bisa dibilang: Negara Maju, Cuk!

Share this article :
Vantage Banner Ads