Chrisye dan Michael Jackson Adalah Pop Sesungguhnya

Membicarakan penyanyi di era 80 dan 90-an, tak bisa dipisahkan dari nama besar Chrisye. Penyanyi bernama asli Chrismansyah Rahardi ini berhasil menyihir masyarakat Indonesia dengan segudang lagu hits, yang menjadi lambang supremasi musik pop di negeri ini.

Dimulai dari saat SMA, ketika ia jadi pemetik bas untuk band Sabda Nada –kemudian berganti nama menjadi Gipsy-, yang dibentuk bersama sang kakak, Joris. Setelah bolak balik New York untuk tujuan mengadu nasib melalui musik, Chrisye dengan band Gipsy dan Guruh Soekarnoputra membidani sebuah album mahakarya, yang di kemudian hari kita kenal dengan nama “Guruh Gipsy”.

Kemudian di tahun 1977 Chrisye merilis sebuah lagu yang menjadi anthem siswa-siswi untuk bikin vokal grup di acara sekolah di seluruh Indonesia Raya, karya cipta James F. Sundah, yaitu Lilin Lilin Kecil. Lagu ini begitu sempurna, sehingga dari generasi ke generasi, hingga kini.

Chrisye dikenal sebagai penyanyi pop balad. Gaya menyanyinya juga cenderung anteng, statis, karena dan jarang bergerak. Namun di tahun 1985 Chrisye mengeluarkan gebrakan baru dengan lagu yang up beat di mana dia menari dalam video klipnya. Lagu Aku Cinta Dia dari album yang berjudul sama segera menjadi lagu dance favorit generasi 80-an. Beberapa album dia setelah itu juga menggunakan lagu dance sebagai andalan, misalkan Hip-hip Hura, Nona Lisa, hingga Jumpa Pertama. Pada akhir 90-an Chrisye kembali ke jalur balada yang tenang dalam album remix Anak Jalanan. Bahkan di album Damai Bersama-Mu yang keluar di tahun 1996, Chrisye mulai bermain lagu religius. Namun dia tetap tidak melupakan koridor jalur aransemen riang dengan lagu-lagu remix di album Badai Pasti Berlalu yang dibuat versi orkestra nya dengan cukup apik oleh konduktor Erwin Gutawa.

Chrisye meninggal pada 30 Maret 2007 setelah berjuang melawan kanker paru-paru. Hingga kini belum ada penyanyi yang menyamai nuansa vokal dan penjiwaan lagu-lagunya. Terima kasih Chrisye untuk seluruh albummu yang berkesan. Album album legendaris Anda akan selalu menjadi kenangan manis bagi para penggemarmu. Badai Pasti Berlalu, Sabda Alam, Percik Pesona, Puspa Indah, Metropolitan, Nona, Sendiri, adalah buktinya.

Sementara itu di luar ada Michael Jackson, yang sah sebagai raja musik pop dunia. Dia memulai karier bersama  saudara-saudaranya dalam The Jackson 5, di mana beliau sempat mengalami masa emas sepanjang era 60-an. Suaranya yang jernih dan khas melengking membuat lagu Ben dan 1, 2, 3 menjadi hits. Kemudian dia memulai solo karirnya pada awal 70-an, dan mendulang sukses yang luar biasa di era 80-an.

Album Thriller milik dia merupakan album dengan penjualan terbaik sepanjang masa. Tak ketinggalan, album Off The Wall (1979), Bad (1987), Dangerous (1991), dan History (1995), juga masuk ke deretan album terlaris sepanjang sejarah musik. Kemudian lagu-lagunya menjadi hits di dunia seperti: Bad, One Day in Your Life, Smooth Criminal, Black or White, Billy Jean, Heal the World, dan masih banyak lagi.

MJ dikenal dengan gaya moonwalk-nya yang sungguh legendaris dan menjadi signature dia. Juga video-video klipnya yang terkonsep serta tergarap apik. King of Pop ini meninggalkan kita pada 25 Juni 2009 dengan sejuta kenangan manis yang ia torehkan bagi para penggemarnya yang tersebar di seluruh dunia.