Tujuh Tim eSports Level Dunia Lahir Dari UniPin SEACA 2019

Tujuh Tim eSports Level Dunia Lahir Dari UniPin SEACA 2019

Grand Final UniPin SEACA 2019 ditutup dengan melahirkan harapan yang besar dari para pegiat eSports untuk melaju ke tingkat yang lebih tinggi. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta tersebut merupakan pertandingan turnamen eSports berskala internasional antar negara di Asia Tenggara.

Grand Final UniPin SEACA 2019 mempertandingkan sebanyak kurang lebih 464 peserta yang terbagi ke dalam 66 tim. Mereka memperebutkan total hadiah senilai Rp2,4 miliar. Dalam gelaran turnamen ini, turut dihadirkan pula kompetisi Cosplay yang berlangsung pada Sabtu (9/11/2019).

Antusiasme para peserta untuk turnamen ini sangat tinggi, hal itu dapat dilihat dari ramainya para pendukung tim atlet yang turut hadir dari berbagai kota di Indonesia. Tidak hanya dari wilayah Jabotabek, tapi juga berasal dari kota-kota lainnya seperti Malang, Banjarmasin, Palembang, Bali, Makasar, Manado, Pontianak, Samarinda, Pekanbaru, Surabaya, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Purwakarta, dan Gresik.

Ada lima game yang dipertandingkan dalam turnamen ini, yakni Dota 2, PUBG Mobile, Free Fire, Chess Rush, dan Tekken 7.

Adapun tim dan gamer yang berhasil menjadi juara di masing-masing kategori gim, adalah Alter Ego (Dota 2), ONIC Esports (PUBG Mobile), dan Boom Cerberus (Free Fire). Selain itu, ada ONIC Olympus (Free Fire-UCL), PBM Hyper Reborn (Free Fire Exhibition Match), Boom York (Chess Rush), dan MYTH Hun-Ki (Tekken 7).

CEO sekaligus Co-Founder UniPin Ashadi Ang, menyampaikan harapannya agar para pemenang UniPin SEACA 2019 dapat direkrut oleh para tim profesional untuk regenerasi pemain mereka di masa yang akan datang. “Keberhasilan olahraga eSports merupakan tanggungjawab seluruh pihak, terutama pemerintah dalam hal pembinaan dan pembibitan para atlet”, ujar Ashadi.

Selain mendapat antusias yang tinggi dari peserta ataupun pengunjung yang datang, UniPin SEACA 2019 juga menerima apresiasi bagus dari Ketua Umum KONI Letjend (Purn) Marciano Norman pada saat kunjungan ke Balai Kartini, Minggu (10/11/2019).

“UniPin SEACA 2019 berjalan sangat membanggakan, tingginya antusiasme penonton tampak jelas, terlebih saat pembukaan berlangsung,” ujar Ketua Umum KONI tersebut.

Beliau juga berharap UniPin SEACA 2019 dapat menjadi contoh bagi para pihak terkait, dalam memajukan eSports Indonesia di mata dunia. “Kami berterima kasih kepada UniPin yang telah menginisiasi UniPin SEACA 2019. Semoga dapat melahirkan atlet eSports yang dapat membanggakan Indonesia di ajang internasional, tingkat Asean, Asia ataupun dunia,” tambahnya.

Share this article :
Vantage Banner Ads