Seperempat Abad Senayan Skateboarders

Dari tempat sarat fungsi di bilangan Jakarta Selatan binar kemeriahan plus kenangan terpancar silau. Hadirin santai bercerita satu sama lain, kebanyakan menyuarakan nostalgia, cerita lawas dan kebodohan lampau. Sepertiganya telah memiliki kerut di ujung mata mana kala tertawa. Sebuah reuni semi-akbar yang dihelat para skateboarder yang sejak 25 tahun silam menginvasi koloni di area Senayan dengan papan skate dan kreatifitasnya. Siapa lagi mereka kalau bukan gerombolan Senayan Skateboarders.

Malam itu, Kamis 21 November 2019, bertempat di Komplek Aksara Kemang, pesta peringatan ulang tahun Senayan Skateboarders ke 25 di kumandangkan. Seperempat abad sudah komunitas ini meramaikan subkultur yang tidak ada bokong umurnya ini. Senayan Skate tidak hanya menjadi komunitas skate, lepas dari itu koloni yang berisikan ragam profesi ini menjadi inkubator ajaib beberapa nama-nama beken yang menjadi anggotanya. Sebut saja DJ sekelas Indra 7 dan Bima G, penyanyi bersuara khas seperti Sari Sartje, pembawa acara olahraga berkelas Claude Hutasoit, proskateboarder  kawakan Reno Pratama, hingga fotographer sekaliber Nareend.

Kekompakan komunitas ini masih terasa jelas di acara malam itu. Pada usianya yang menginjak dewasa ini, Senayan Skateboarders nampaknya masih menjadi wadah abadi bagi para penggelut olahraga menyenangkan tersebut. Regenerasi masih berjalan, kedigdayaan-nya masih abadi menghiasi ranah subkultur, dan nampaknya akan selalu berdiri kekal dalam menapak keelokannya hingga kiamat nanti.

Acara menampilkan pameran foto, yang memicut pengunjung untuk menoleh dan memperhatikan secara seksama beberapa penampakan karya 3D yang diprakarsai Nareend, dengan objek temannya sendiri yang sedang bermain papan luncur. Selain itu ada kolaborasi artis Alipjon, Anggarez, Chocoseven, Darbotz, Deelaz, Enjoyjonny, Gindring Wasted, Herzven, Kingcula, Muklay, Philliponk, Sari Sartje dan Tony Tones, yang menyejukan pemandangan mata pengunjung.

Pameran di 25th Anniversary Senayan Skateboarders

Lalu ada juga booth yang menjual sandang bertema skateboard dengan tampilan grafis yang menawan hati. Tak lupa, di sana juga mereka menampilkan video perjalanan Senayan Skateboarders, dari awal berdiri hingga sekarang.

Malam tersebut diindahkan oleh kehadiran Cap Tikus, yang bertugas berbagi free flow terhadap yang datang. Otak berasa riang, dan badan terasa ringan setelah menuangnya. Area Aksara bawah yang dijadikan tempat acara berlangsung, menggembirakan seperti sebuah museum mini yang pas, mumpuni, dan eksotis, dalam menyajikan sebuah acara ulang tahun komunitas bertaji.

Larut ceria mereka malam itu dihibur oleh spinning Omcuss di area Aksara, dan Bima G, Indra 7, Komzta, serta Ricky Virgana di Ding Dong Disko yang memutarkan tembang-tembang dansa dan alternatif terbaik. Panjang umur Senayan Skateboarders!