Kabar Gembira, Download Festival Bisa Disaksikan Secara Virtual

Merebaknya virus corona membuat semua perhelatan besar tahun ini terpaksa dibatalkan. Acara konser musik pun tak luput dari pembatalan, salah satunya yang terjadi pada Download Festival. Festival musik metal ini terpaksa membatalkan hajatannya di tahun ini untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebagai gantinya, acara yang biasa dilaksanakan di Inggris itu akan menggelar festival secara virtual. Rencananya gelaran ini akan berlangsung pada 12-14 Juni mendatang.

Perhelatan festival musik metal dunia, Download Festival telah mengumumkan gelaran virtualnya yang bertajuk Download TV. Sebelumnya festival musik yang biasa di gelar di Donnington, Inggris itu telah resmi membatalkan gelarannya pada tahun ini karena virus corona. Sebagai gantinya festival itu membuat Download TV yang rencananya akan diisi oleh headliner seperti Iron Maiden, Kiss, dan System of a Down.

Dikutip dari NME, Festival Republic selaku promotor Download Festival mengungkapkan bahwa dalam perhelatan Download TV akan menampilkan rekaman eksklusif dari konser, penampilan yang belum dilihat sebelumnya, dan konten-konten interaktif. Rangkaian acara tadi bisa disaksikan di saluran resmi Download TV mulai tanggal 12-14 Juni mendatang.

“Akhir pekan nanti akan terbagi menjadi siang dan malam, di mana pada siang hari semuanya akan merayakan semangat dari Download Festival, sedangkan di malamnya akan menghabiskan sekitar 2 sampai 3 jam untuk menyaksikan program di mana para Downloaders (penonton Download Festival) bisa menikmatinya,” bunyi pernyataan Download Festival dilansir dari NME.

Pada hari pertama acara, penonton akan disuguhkan penampilan berkelas dari Kiss pada tahun 2015. Hari setelahnya, Iron Maiden akan membawa sesuatu yang spesial untuk para penonton dengan menampilkan pertunjukan nostalgia salah satunya cuplikan Legacy of the Beast.

Sedangkan pada hari terakhir Download TV akan menayangkan penampilan System of a Down pada edisi 2005, 2011, dan 2017. Selain ketiga suguhan tadi, penampilan lainnya akan ditayangkan secara eksklusif di saluran YouTube resmi Download TV, di antaranya Korn, Deftones, Babymetal, Frank Carter & The Rattlesnakes, Creeper, The Offspring, Funeral For A Friend, The Darkness, Bowling For Soup, and penampil lainnya.

Selain penayangan ulang konser, Download TV juga menampilkan konten interaktif seperti sesi tanya jawab penampil, tutorial musik, dan program lainnya.“Download Festival tak bosan untuk mengingatkan semuanya untuk agar tetap aman, tinggal di rumah, dan mengamankan hidup. Menerapkan social distancing dan tetap mengikuti anjuran pemerintah,” tutup Download Festival.