Akhirnya Pandemi Membuat Coachella Resmi Dibatalkan

Merebaknya pandemi Covid-19 sudah membuat industri event begitu merana. Keharusan untuk membatasi keramaian menjadi pukulan telak bagi pelaksana acara, baik di Indonesia maupun Dunia sudah banyak acara yang dibatalkan. Acara terakhir yang mengumumkan pembatalannya adalah Coachella. Salah satu festival musik terbesar itu terpaksa membatalkan gelarannya tahun ini karena imbauan dari otoritas kesehatan setempat. 

Coachella Festival resmi mengumumkan pembatalan acaranya pada tahun ini. Pengumuman ini disampaikan setelah mendapatkan instruksi dari otoritas kesehatan setempat. Festival musik dan seni yang biasa di gelar di California, Amerika Serikat ini sebelumnya telah menunda jadwal yang sedianya berlangsung di April menjadi bulan Oktober. Dikabarkan, Coachella langsung mengalihkan gelarannya di tahun 2021 mendatang.

Selain Coachella, festival musik lainnya yakni Stagecoach juga ikut dibatalkan. Dilansir dari New York Times, Pejabat Kesehatan California, Dr. Cameron Kaiser menyatakan bahwa pandemi Covid-19 akan berpotensi memburuk pada musim gugur yang akan datang. Maka dari itu penting untuk membatalkan kegiatan yang mengundang keramaian seperti Coachella dan Stagecoach untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Saya khawatir atas indikasi penyebaran Covid-19 yang akan memburuk pada musim gugur. Selain itu, acara seperti Coachella dan Stagecoach akan harus ditunda setidaknya sampai vaksin Covid-19 ditemukan. Keputusan ini terpaksa diambil sebagai upaya untuk mengutamakan kesehatan masyarakat,” ujar Kaiser dikutip dari New York Times.

Lebih lanjut, AEG Presents selaku promotor dari Coachella dilaporkan telah merumahkan sebanyak 15 persen karyawannya dan memberikan cuti bagi sebagian besar staf yang dikuti dengan pemotongan gaji. Sang promotor juga telah menyiapkan dua rencana apabila Coachella akan dilaksanakan pada 2021 mendatang.

Rich Brian hingga BIGBANG, Line Up Coachella 2020 yang Keren Parah!
Deretan lineup Coachella 2020. Sumber: IDN Times

Pertama, festival tersebut akan melaksanakan acara dengan kapasitas penonton normal (sekitar 125.000 penonton per hari) pada Oktober 2021. Atau rencana kedua yang akan membatasi penonton lebih sedikit di April 2021, atau tepatnya saat musim panas hadir di Amerika Serikat.

Sebelumnya Coachella edisi tahun ini akan diramaikan oleh lineup musisi ternama seperti Travis Scott, Frank Ocean, Rage Against the Machine, Thom Yorke, Lana Del Rey, Daniel Caesar, dan Rex Orange County. Termasuk juga dua musisi asal Indonesia yakni Niki Zefanya (NIKI) dan Rich Brian yang turut ambil bagian dalam festival megah tersebut.

Kredit foto: Festicket