20 Emulator PS2 untuk Android dan PC yang Wajib Dicoba

20 Emulator PS2 untuk Android dan PC Terbaik Anti Lag (Ringan)

Siapa yang tidak kenal dengan emulator PS2? Teknologi yang memungkinkan kita bermain game konsol legendaris di perangkat modern. Sangat menakjubkan, bukan? Kamu seolah bisa merasakan nostalgia dari era golden gaming.

Namun, emulator bukan hanya tentang nostalgia. Ia juga membuka pintu ke dimensi baru dari pengalaman bermain game. Sebuah dimensi yang memungkinkan kita menikmati berbagai jenis game tanpa batasan perangkat.

Mungkin kamu bertanya, bagaimana semua ini bisa terjadi? Jawabannya terletak pada kerja keras dan inovasi dari para developer yang berdedikasi. Mereka telah menciptakan suatu teknologi yang mengubah cara kita bermain.

Emulator PS 2 adalah bukti bahwa batasan teknologi bisa ditantang. Kamu bisa menjelajahi game-game lama yang gemilang, atau bahkan mencoba game baru yang dirancang khusus untuk platform ini. Seru, bukan?

Daftar Emulator PS2 Terbaik

Berikut daftar dari Emulator PS 2 baik untuk komputer atau HP Android yang bisa digunakan dengan lancar. Dengan begitu, kamu tidak perlu kebingungan jika ingin nostalgia dengan memainkan game jadul yang menarik.

1. PTWOE

PTWOE

PTWOE adalah Emulator PS 2 yang patut diperhatikan, sayangnya tidak lagi tersedia di Google Playstore. Oleh karena itu, kamu harus mengunduh file APK Emulator PS 2 untuk menggunakan PTWOE di perangkat android kamu.

Saat ini, ada dua versi berbeda dari PTWOE, dan keduanya berbeda berdasarkan kecepatan, stabilitas, UI, dan bug. Kamu bisa mencoba kedua versi ini dan memilih yang paling cocok dengan kebutuhan kamu.

Mirip dengan PPSSPP, PTWOE hanya dapat membuka versi ISO dari game. PTWOE juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kontrol sesuai dengan preferensi mereka.

2. PPSSPP

PPSSPP

PPSSPP adalah salah satu Emulator PS2 yang paling lengkap fiturnya, dan bisa dengan cepat mengubah smartphone dan tablet Android kamu menjadi konsol PS2 portabel.

Pengembang emulator ini telah mengoptimalkan PPSSPP untuk berjalan dengan sempurna di layar kecil smartphone. Selain di Android, kamu juga bisa menggunakan emulator ini di perangkat iOS. Meskipun emulator ini memiliki rating rata-rata 4,2+ di Google Playstore, banyak pengguna melaporkan adanya lag sesekali.

Beberapa judul terbaik yang bisa kamu nikmati di ROM PS2 PPSSPP adalah Dragon Ball Z, Little Big Planet, Burnout Legends, Fifa Street, Burnout Dominator, dan banyak lagi. Terakhir, kamu bahkan bisa mendukung pengembang dengan memperoleh PPSSPP Gold.

3. AetherSX2

Emulator PS 2 yang sangat dinanti untuk Android telah hadir minggu ini. AetherSX2 saat ini dalam tahap beta dengan prospek yang sangat bagus.

Emulator ini berjalan terbaik pada chipset unggulan seperti Snapdragon 845 dan selanjutnya (4 core). Kamu bisa menjalankannya pada chipset yang lebih tua tetapi harus siap dengan kompromi dalam kinerja.

Seperti emulator PlayStation 2 lainnya, kamu akan membutuhkan BIOS dan dump game sendiri untuk bermain di sini. Untuk meningkatkan pengalaman lebih jauh, mereka menyediakan dukungan controller Bluetooth bersama dengan tekstur yang ditingkatkan ke 1080p.

Beberapa game tidak mendukung layar lebar, tetapi ini bukan masalah dengan patch yang ditawarkan pada AetherSX2m yang didukung oleh OpenGL, Vulkan, dan rendering berbasis Software.

4. Pro PPSS2 Emulator

Emulator Pro PPSS2 adalah Emulator PS 2 Android gratis lainnya yang memiliki UI yang bersih, kontrol yang dapat disesuaikan, dan kompatibel dengan 90% ponsel Android.

Ini menawarkan pedoman langkah demi langkah untuk menggunakannya dengan mudah ditambah dengan daftar game PS2 yang didukung oleh Emulator PS 2 ini.

Emulator Pro PPSS2 juga kompatibel dengan beberapa smartphone Android tua seperti OnePlus 5, OnePlus 3T Snapdragon 821, Xiaomi Redmi 4, Samsung S8. Fitur standar seperti kontroler PS2 virtual, kemampuan untuk mengubah warna tema, kontrol yang praktis, dan tutorial pengaturan semuanya ada di emulator ini.

5. Play!

Play! sangat diandalkan oleh jutaan orang pencinta PS 2. Emulator berkinerja tinggi ini bisa digunakan untuk memainkan judul bergrafik intensif seperti Shadow of the Colossus, ICO, Grand Theft Auto San Andreas, Final Fantasy X, Pro Evolution Soccer 3, dan banyak lagi.

Selain Android, Play! juga tersedia untuk sistem operasi PC seperti Windows, Mac, dan Linux.

Fokus utama dari emulator portable PlayStation2 Play! adalah untuk membuat emulasi PlayStation2 mudah dan mudah diakses. Play! secara otomatis mengonfigurasi dan mengoptimalkan game kamu untuk meningkatkan pengalaman bermain.

6. DamonPS2

DamonPS2 merupakan salah satu Emulator PS 2 tercepat yang ada saat ini. Pengembang Emulator ini mengklaim bahwa DamonPS2 dapat memainkan sekitar 90% total game yang tersedia di PS2. Fitur-fitur menonjol dalam DamonPS2 meliputi multi-threading, pemetaan gamepad & kontrol, dukungan kartu memori, gameplay layar lebar, dan akselerasi NEON.

Sayangnya, sebagian besar fitur di atas hanya tersedia secara eksklusif di varian PRO berbayar dari DamonPS2. Sama seperti PPSSPP, kamu bisa langsung mengunduh DamonPS2 dari Google Playstore.

Pengembang DamonPS2 mengklaim bahwa Emulator ini berjalan dengan sempurna pada perangkat dengan prosesor seri Snapdragon 800 seperti Snapdragon 835\845\855.

7. PCSX2

Tak bisa salah dengan PCSX2, satu-satunya Emulator PS 2 untuk PC dengan kompatibilitas game 100%. Mereka mencapai prestasi ini pada November tahun lalu. Emulator konsol ini tersedia di PC Windows dan Linux, dan baru-baru ini mereka menambahkan rendering Vulkan.

Kita mendapatkan dua versi emulator yang berbeda – penginstal 32-bit dan versi portabel dalam file zip. Yang terakhir bekerja tanpa cacat dan menawarkan semua fitur. Kamu harus memiliki salinan asli dari BIOS untuk memulai emulator.

Didukung semua kontroler utama secara default, termasuk Xbox360, PS3 dengan DualShock 3, dan Logitech, di antara lainnya. Fungsi kontroler juga memungkinkan pembuatan dan pemuatan ikatan Lilypad nantinya.

8. Free Pro PS2 Emulator

Free Pro PS2 Emulator adalah emulator Sony Playstation 2 lainnya yang andal dan mengklaim menawarkan kinerja hingga 60fps di sebagian besar game. Penting untuk diperhatikan bahwa kinerja Emulator ini sangat bergantung pada konfigurasi perangkat keras smartphone Android kamu.

Free Pro PS2 Emulator juga mendukung sebagian besar format file game mainstream seperti .bin, MDF, .pbp, .toc, .cbn, cue, zip, 7z, dll. Berbeda dengan beberapa emulator dalam daftar ini, aplikasi Emulator ini tidak memerlukan BIOS untuk memboot game.

9. EmuBox

EmuBox adalah emulator PS gratis lainnya untuk smartphone Android yang mendukung ROM PlayStation, SNES, GBA, NES, dan Nintendo DS. Dengan emulator ini, kamu bisa menggunakan hingga 20 slot simpan untuk setiap ROM.

EmuBox juga memungkinkan pengguna untuk memasang dan bermain dengan kontroler eksternal. Kamu bahkan bisa bermain-main dengan pengaturan emulator untuk kinerja yang optimal. Terakhir, kemampuan untuk mempercepat gameplay dapat membantu kamu menghemat waktu.

10. Free HD PS2 Emulator

Emulator berikutnya dalam daftar mungkin memiliki nama yang sinonim, tetapi memiliki beberapa fitur unik. Free HD PS2 Emulator adalah salah satu emulator Android tercepat untuk memainkan game PS2. Emulator ini mengklaim menawarkan pengalaman bermain game HD.

Seperti namanya, Emulator PS2 Android ini gratis untuk diunduh, dan menawarkan resolusi 2x hingga 5x. Perlu diketahui bahwa kamu tidak akan mendapatkan game gratis dengan Emulator ini. Namun, di dalam aplikasi, sudah ada petunjuknya langsung mulai instalasi sampai pakai.

11. RetroArch

RetroArch, landasan kokoh bagi emulasi konsol game, telah merampingkan pengalaman bermain game. Emulator untuk PS2 memanfaatkan inti (cores) untuk meniru game PlayStation.

Sebagai Emulator PS 2 untuk PC, inti pada dasarnya berfungsi sebagai plugin yang berjalan seperti program modular. Ini memungkinkan RetroArch meniru game dari berbagai konsol melalui antarmukanya. Seluruhnya bisa kamu unduh melalui pembaruan online di aplikasinya.

RetroArch adalah Emulator PS 2 multiplatform, dapat berjalan di beberapa lusin platform berbeda. Dengan file konfigurasi, kamu bisa membawa pengaturan dan game ke mana saja.

12. Pro PlayStation

Pro PlayStation adalah Emulator berikutnya yang terbaik untuk meniru game Sony Play Station. Kamu bisa menikmati gameplay otentik dengan Emulator PS2 Android ini, dan antarmuka yang bersih dan sederhana menjadi tambahan menarik.

Beberapa fitur terbaik dari Pro Playstation adalah kemampuan untuk menyimpan status, kontroler layar, peta, render GPU yang sangat baik, dan kompatibilitas dengan banyak ROM populer.

Berbeda dengan emulator lainnya dalam daftar ini, Pro Playstation mendukung banyak kontroler perangkat keras yang berbeda. Pro PlayStation menawarkan kemampuan rendering yang luar biasa bahkan di perangkat yang lebih tua dan kurang kuat.

13. Rapid PSP Emulator For PSP Games

Rapid PSP Emulator adalah Emulator PS 2 terbaik terakhir untuk Android. Emulator PSP dipakai untuk menjalankan game PSP variasi apa pun.

Selain itu, emulator ini menawarkan antarmuka pengguna yang sangat baik. Beberapa sorotan utama dari Rapid PSP Emulator adalah pengaturan kontroler game yang mudah, kompatibilitas game PSP maksimum, kecepatan gameplay yang baik, serta kualitas gambar dan suara yang sangat baik.

14. Gold PS2 Emulator

Emulator PS2 Emas atau juga dikenal sebagai Pro PPSS2 Golden, adalah Emulator PS 2 Android cepat lainnya yang mendukung lebih dari 90% semua game PS2 yang tersedia.

Proses konfigurasi Emulator PS 2 Emas agak rumit tetapi panduan yang banyak di emulator ini membuat prosesnya menjadi mudah. Emulator gratis ini mendukung multi-threading.

Emulator PS 2 Emas juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan kemajuan mereka di Kartu SD menggunakan save state dan kemudian membukanya menggunakan load state.

15. FPse For Android Devices

Jika kamu ingin memainkan game Playstation 1 di smartphone kamu, FPse mungkin bisa membuat kamu terkesan. FPse, yang dikembangkan oleh Schtruck & LDchen, mampu menampilkan semua game PSone dalam resolusi tinggi dengan menggunakan OpenGL.

Judul yang memerlukan grafis intensif seperti Breath of Fire III dan SOTN berjalan sangat lancar di emulator PS1 ini. FPse tersedia di Google Playstore sehingga kamu bisa mengunduhnya langsung. Namun, banyak pengguna yang menghadapi masalah audio dengan emulator ini.

16. New PS2 Emulator

New PS2 Emulator adalah karya dari Xpert LLC. Emulator Android PlayStation 2 yang handal ini mendukung game dari beberapa sistem game lama seperti PS2, PS One, dan PSX.

Lebih jauh lagi, New PS2 Emulator juga mendukung format file game mainstream seperti .bin, mdf, .pbp, .toc, .cbn, cue, zip, 7z, dan lainnya.

Sayangnya, New PS2 Emulator tidak tampil baik dalam departemen grafis karena Emulator ini hanya menampilkan grafis yang cukup dan rata-rata.

Mirip dengan Emulator PS2 lainnya dalam daftar ini, New PS2 Emulator mendukung sebagian besar game. Namun, tidak semua game yang didukung berjalan dengan grafik tinggi penuh.

17. RetroArch Web Player

Tidak ingin menginstal aplikasi lain di PC kamu tetapi masih ingin memainkan game PlayStation 2? Maka Emulator PS 2 online ini adalah jawabannya.

Emulator PS 2 Online RetroArch memiliki Emulator PS 2 yang berjalan di browser tanpa perlu mengunduh apa pun. Pilih core (konsol) dan kemudian unggah ROM PS2 kamu untuk mulai memainkan game.

Pengaturan awal untuk konsol apa pun akan memakan waktu karena core harus dimuat di browser. Segarkan tab/jendela browser ketika emulator terasa membeku atau macet.

18. ePSXe For Android

ePSXe untuk Android adalah emulator PlayStation berikutnya dalam daftar ini. Ia dapat meniru judul PSX dan PSOne dengan baik. Faktanya, ini merupakan port dari ePSXe yang terkenal untuk PC.

Dengan kompatibilitas yang tinggi, kecepatan yang baik, dan suara yang akurat, ePSXe menawarkan pengalaman bermain yang luar biasa. Dukungan asli untuk ARM dan Intel Atom X86 memastikan bahwa kamu bisa menjalankan sebagian besar permainan dengan grafik maksimal dan 60fps.

19. Golden PS2

Golden PS2 bukan hanya Emulator PS2 Android yang biasa saja. Dikembangkan oleh Fas Emulators, emulator ini memiliki banyak fitur dan cukup handal. Meskipun namanya mirip dengan emulator lain, Golden PS2 benar-benar berbeda dan unik.

Golden PS2 tidak hanya kompatibel dengan banyak ROM, tetapi juga mendukung gameplay dengan grafik tinggi. Selain itu, kamu tidak hanya bisa menikmati game PS2, tapi juga game PSP menggunakan emulator ini.

Keunggulan lainnya dari Golden PS2 adalah akselerasi NEON, multithreading, dan gameplay layar lebar 16:9. Sayangnya, Golden PS2 tidak tersedia di Google Playstore.

20. Emulator PS2 nSX2

nSX2 adalah salah satu Emulator PS 2 tertua untuk PC yang sudah ada sekitar dua dekade. Dukungan untuk .ELF dan DVD tersedia langsung setelah instalasi.

Satu-satunya pengaturan yang patut diperhatikan adalah sinkronisasi vertikal. Kamu bisa mengaktifkannya dengan menuju ke Settings > Emulator > General. Terdapat tujuh bahasa yang tersedia di antarmuka.

Sayangnya, kamu tidak bisa memuat otomatis ROM PS2 di emulator ini. Setiap kali ingin bermain, kamu harus mencarinya secara manual dari menu File.

Tips Memilih Emulator PS2 yang Terbaik

Emulator yang baik akan menyediakan fitur-fitur penting seperti kompatibilitas game yang baik, kualitas grafis dan emulasi suara yang tinggi, serta performa yang lancar. Simak tips di bawah ini.

1. Kompatibilitas dengan Game

Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan saat memilih Emulator PS 2 adalah kompatibilitasnya dengan game. Emulator yang baik seharusnya dapat mendukung sejumlah besar game PS2 tanpa masalah.

2. Kualitas Grafis dan Emulasi Suara

Kualitas grafis dan emulasi suara yang tinggi sangat penting dalam pengalaman bermain game PS2. Pilihlah emulator yang mampu memberikan tampilan grafis yang jernih dan detil, serta suara yang dihasilkan mirip dengan aslinya.

3. Performa dan Kecepatan Emulator

Performa dan kecepatan emulator juga harus dipertimbangkan dengan baik. Emulator PS 2 yang baik seharusnya mampu menjalankan game dengan lancar tanpa adanya lag atau stuttering yang mengganggu.

Melalui emulator PS2, kita dapat merasakan bagaimana game masa lalu mempengaruhi dunia gaming hari ini. Mengambil pelajaran berharga dari masa lalu, sambil terus berinovasi untuk masa depan.

Sekarang, kamu mungkin sudah melihat betapa emulator ini merubah cara kita memandang permainan video. Dengan teknologi ini, kita bisa membuka diri pada berbagai kemungkinan baru. Teruslah bermain, teruslah bereksplorasi.

Ingatlah bahwa permainan video adalah tentang kesenangan dan petualangan. Jadi, selalu berani mencoba hal baru, dan jangan takut untuk menjelajahi dunia yang ditawarkan oleh Emulator PS2 ini.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: