Rica Rico Bika Ambon Yang Selalu Terasa Pas di Lidah

Bika Ambon merupakan salah satu kue yang sangat digemari hampir semua orang, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Dengan popularitas yang sudah terbangun sedari lama, tak heran bila saat ini Bika Ambon mendapatkan berbagai improvisasi, terutama dari rasa adonannya.

Lalu tahukah Anda, asal mula Bika Ambon? Mungkin sebagian besar orang menganggap penganan satu ini berasal dari Kota Ambon, sesuai namanya. Ya, kue ini bukan berasal dari Ambon, melainkan dari Medan. Tepatnya Bika Ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan Sumatera Utara.

Menurut penuturan dari M. Muhtar Omtatok, awalnya asal usul penamaan Bika Ambon disebabkan kudapan ini pertama kali dijual di Jl. Ambon-Sei Kera Medan yang terinspirasi dari kue khas Melayu, yaitu Bingka. Namun yang membuat Bika berbeda dengan bingka adalah dalamnya yang berongga, hasil modifikasi karena diolah dengan bahan pengembang berupa Nira atau Tuak Enau.

Seiring dengan perkembangan industri makanan, Bika Ambon kini hadir dengan berbagai varian seperti pandan, coklat, keju, red velvet, dan berbagai rasa lainnya. Tak hanya bervariasi, Bika Ambon kreap dikreasikan dengan pelbagai bentuk dalam rangka menarik perhatian calon pembeli. Bukan hanya di Medan, melainkan Bika Ambon sekarang telah tersebar dan dapat dinikmati di kota-kota besar lainnya termasuk Jakarta.

Nah, di Jakarta sendiri ada salah satu toko bika yang cukup dikenal dalam urusan Bika Ambon. Berdiri sejak tahun 2005, toko yang bernama Rica Rico Bika Ambon ini menjadi salah satu toko kue Bika terbesar yang sudah memiliki 50 lebih cabang outlet di Jakarta. Memiliki banyak pelanggan loyal dan menciptakan banyak outlet sudah tentu tak perlu diragukan lagi jika rasa Bika Ambon dari toko legendaris ini tak perlu dipertanyakan lagi.

Rica Rico Bika Ambon yang legendaris
Sumber foto Instagram @ricarico_bakery

Bika Ambon disini terkenal dengan kelembutannya, sehingga membuat Rica Rico memiliki pelanggan baru dalam setiap harinya. Memiliki tekstur empuk luar dalam, potongan Bika Ambon ini sukses menciptakan sensasi unik tersendiri di dalam mulut. Tidak berminyak, lalu adonan lembut yang memiliki rasa manis secukupnya ini terasa pas di lidah. Dan, acap kali membuat para pelanggan mereka berburu Rica Rico Bika Ambon ketika sedang ingin menikmati kudapan enak di sore hari sambil ditemani secangkir kopi maupun teh. Sahih.

Rica Rico Bika Ambon yang sangat pas dikudap bersama teh maupun kopi
Sumber foto Instagram @ricarico_bakery

Jika Anda bosan dengan Bika Ambon yang itu-itu saja, tenang. Selain autentik, Rica Rico juga memiliki formula untuk menciptakan adonan berbagai varian seperti Pandan dan Red Velvet. Bika Ambon di sini pun bisa Anda nikmati dengan berbagai ukuran, yaitu Mini dengan isi 6 pcs yang bisa mix dua varian, yaitu Medium serta Regular. Selain Bika Ambon, Rica Rico juga mempunyai produk lainnya yang kami rekomendasikan, yakni Brownies dan Sponge Cake. Kedua produk ini tidak kalah populernya dengan yang lain, karena konsistensi rasa menjadi kuncinya.

Penasaran dengan Bika Ambon dan produk lainnya dari Rica Rico? Anda bisa membelinya langsung di outlet, atau bisa juga order dari GrabFood dan GoFood. Untuk lebih lengkapnya silahkan hubungi nomor telepon 021-56969208, dan Anda bisa juga untuk follow Instagram Rica Rico di @ricarico_bakery untuk berbagai info lainnya.

Sumber foto Instagram @ricarico_bakery