Penny Lane Pramuka Jadi Bar-nya The Beatles Indonesia

Di Inggris, tepatnya di kota Liverpool, The Beatles memulai semuanya hingga akhirnya menjadi legenda. Disana juga terdapat satu jalan bernama Penny Lane. Nama jalan tersebut diambil dari seorang pedagang budak abad 18, James Penny. Paul McCartney dan John Lennon yang sering menunggu bus di jalan itu, akhirnya mendapatkan inspirasi untuk menciptakan salah satu lagu terbaik mereka berdasarkan jalan tersebut. Liriknya menggambarkan pengalaman visual McCartney secara psikadelik di jalan itu.

Lagu “Penny Lane” dirilis Februari 1967 dalam bentuk single bersama “Strawberry Fields Forever” dan selanjutnya dimasukkan ke dalam album Magical Mystery Tour yang dirilis di tahun yang sama. Setelah itu, sutradara Skandinavia bernama Peter Goldman membuatkan video clip lagu “Penny Lane” dua hari setelah The Beatles menyelesaikan rekaman lagu “A Day In The Life”.

Menyebrang jauh ke belahan dunia lain, ada juga tempat bernama Penny Lane. Tepatnya ada di Indonesia. Letak persisnya ada di kawasan Rumah Genjing daerah Pramuka, Jakarta Pusat. Penny Lane disini memang bukan nama jalan, melainkan nama bar yang jelas-jelas terinspirasi dari The Beatles.

Di tempat ini, banyak terdapat atribut dari The Beatles. Mulai dari memorabilia foto, poster, vinyls, pajangan meja, sampai signature drink yang mereka miliki, berasal dari nama-nama yang berhubungan dengan band asal Merseyside tersebut.

Salah dua signature drink yang dimiliki Penny Lane Pramuka bernama Yellow Submarine dan John Lennon. Yellow Submarine adalah minuman gabungan antara bir dengan seloki tequila. Ada cara tersendiri untuk meminumnya, yaitu shot dari tequila dimasukan ke dalam gelas bir, setelah itu ditenggak sebanyak mungkin. Sedangkan John Lennon adalah minuman berwarna biru hasil gabungan dari vodka, rum, gin, tequila, blue curacao, coffee liqueur, dan ginger ale.

Selain itu, ada satu minuman bernama 5 Pandawa yang jadi the best cocktail dari Penny Lane Pramuka. Konon katanya, minuman ini membuat peminumnya bisa lupa segalanya. 5 Pandawa terdiri dari 5 shot minuman yang masing-masing nya mempunyai kadar alkohol yang berbeda. Dan untuk adrenaline junkie, disarankan meminum semuanya sekaligus di waktu bersamaan.

Jadi untuk para penggemar The Beatles sangat dipersilahkan datang ke tempat ini. Siapa tahu, ketika dalam keadaan setengah sadar, bisa juga merasakan pengalaman visual psikadelik seperti yang dirasakan Paul McCartney berpuluh tahun lalu.

Penny Lane Pramuka : Bar-nya The Beatles di Indonesia