Dampak Lain Setelah Meminum Alkohol Berlebihan: Melemahnya Sistem Imun Tubuh

Kenikmatan meminum alkohol memang tiada duanya. Kehadirannya kerap menjadi teman untuk pelepas suntuk atau berkumpul bersama kerabat. Namun dibalik kenkmatannya itu, alkohol menyimpan bahaya tersembunyi. Salah satunya adalah melemahnya sistem imun tubuh jika konsumsi alkohol berlebihan. Lantas, bagaimanakah konsumsi alkohol yang aman tanpa membahayakan imun tubuh?

Meminum alkohol telah menjadi rutinitas yang sering dilakukan banyak orang. Selain kenikmatan yang didapatkan, bagi sebagian orang dengan alkohol bisa melepas rasa jenuh yang melanda. Meski begitu, sudah sering disampaikan dalam meminum alkohol harus disertai dengan tanggung jawab besar agar tak menyebabkan hal yang tak diinginkan. Terbaru, ada penelitian yang menyatakan jika meminum alkohol berlebihan akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh sangat ditunjang dengan kebiasaan dan gaya hidup yang sehat. Makan makanan bernutrisi dan istirahat yang cukup bisa menjaga daya tahan tubuh Anda tetap kuat. Namun gaya hidup yang tak sehat seperti stres, merokok atau meminum alkohol dapat membebani sistem imun dalam melawan infeksi.

Begitu Mempengaruhi

Dilansir dari Insider, meminum alkohol secara berlebihan diyakini melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh seseorang lebih mudah terserang penyakit. Center for Disease Control and Prevention (CDC) Dinas Kesehatan Amerika Serikat memberi definisi tersendiri terkait meminum alkohol secara berlebihan, diantaranya:

  • Peminum Berat: delapan kali minum dalam satu minggu atau lebih bagi wanita, dan lima belas kali minum dalam satu minggu atau lebih bagi pria.
  • Peminum Saat Pesta: empat kali minum atau lebih selama dua dan tiga jam untuk wanita, lima kali atau lebih pada periode yang sama untuk pria.

Alkohol sendiri mengubah susunan bakteri pada usus sesorang, yang notabene rumah bagi triliunan mikroogranisme yang melakukan beberapa peran penting bagi kesehatan tubuh. Mikroorganisme tadi juga berpengaruh untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Dengan meminum alkohol secara berlebihan dapat merusak sel kekebalan yang melapisi usus, yang mana berfungsi sebagai garis pertahanan dalam melawan bakteri dan virus.

“Dengan merusak sel-sel itu di usus Anda, ini dapat mempermudah patogen untuk menyeberang ke aliran darah Anda,” kata Nate Favini, seorang pimpinan medis di Forward dilansir dari Insider. Sebuah praktik perawatan primer preventif. Artinya, dengan minum terlalu banyak, Anda menurunkan mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan flu, virus, atau infeksi lainnya.

“Meminum alkohol pada jumlah yang banyak baik pada periode yang singkat sekalipun seperti di pesta dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kekebalan tubuh Anda,” tambah Favini.