Solidaritas Swatch Club Indonesia

Benda satu ini tidak hanya bernilai sebagai aksesoris pemanis pergelangan tangan atau sekedar penunjuk waktu. Lebih dari itu, seiring berkembangnya fashion, jam tangan menjadi sebuah supremasi gaya hidup. Dari banyaknya varian merek mentereng yang beredar dengan segala prestisiusnya, Swatch punya kelasnya tersendiri.

Swatch merupakan jam tangan asal Swiss yang lahir pada 1983. Dengan berbagai varian tipe dan aksesoris pendukung Swatch laris di pasaran dan menjadi starter-pack wajib muda-mudi di gawal 2000-an hingga hari ini. Banyaknya penggemar, pemilik hingga kolektor jam satu ini  pun melahirkan komunitas solid bernama Swatch Club Indonesia.

Lebih lengkapnya, Swatch Club Indonesia (SCI) adalah komunitas pencinta jam tangan dan segala aksesoris brand Swatch yang terbentuk sejak awal Januari 2017. Memulai perkumpulannya dari lingkaran kecil di pelataran Taman Suropati, Jakarta Selatan komunitas ini kian tumbuh seiring dengan pesatnya minat dan jejaring pertemanan antar kolektor.

Seiring berjalannya waktu, SCI semakin berkembang. Anggotanya tidak lagi berasal dari pencinta Swatch seputaran Jakarta. Dengan tersebarnya domisili anggota yang tergabung, komunitas ini pun membagi pergumulannya berdasarkan regional; Swatch Club Indonesia Regional Jakarta Pusat, Selatan, Utara, Timur, Barat, Depok dan Bekasi pun terbentuk. Berlanjut menjalar hingga kota-kota luar Jabodetabek seperti Bandung dan Semarang.

Swatch Club Indonesia tidak sekedar terbentuk sebagai wadah perkumpulan kolektor Swatch. Komunitas penuh solidaritas ini pun kerap kali menggelar pertemuan setiap dua bulan sekali demi merapatkan kembali komunikasi antar anggotanya sekaligus ajang sharing pengetahuan mengenai Swatch. SCI kerap pula menggelar serangkaian agenda positif seperti aksi solidaritas dan bakti sosial. Salut!