Komunitas Pedagang Piringan Hitam dan Buku di Blok M Square

Di Jakarta terdapat beberapa titik yang menjual barang-barang bekas, mulai dari onderdil, furniture, hingga piringan hitam. Kali ini kami akan sedikit membahas mengenai komunitas para penjual CD, Vinyl, Kaset, dan material sejenis, yang berbasis di Blok M Square Selatan Jakarta.

Sesampainya Anda di sana, langsung tepikan diri saja ke lantai dasar untuk berbaur dengan seluruh pedagang di situ. Ada Warung Musik, Andi Twins, D’Jadul, Udin, Paper Pot Records, dan para handai taulan pedagang lainnya. Mereka akan langsung menunjukan sikap bersahabat terhadap siapapun yang mendatangi tokonya. Redamlah diri Anda di sana, sibukan diri mencari koleksi yang diidamkan, sambil berharap menjumpai ‘barang kejutan’ yang mungkin akan membuat kalian terkaget-kaget.

Mereka menjual kaset-kaset manca dan lokal yang belum tentu Anda dapatkan di tempat lain. Selain itu berbagai koleksi CD nya pun juga terbilang aneh dan influensial. Jika harapan kalian sesampainya di lantai dasar Blok M Square adalah untuk menemukan harta karun dari macam-macam dekade, mulai 60’s hingga early 2000’s, maka keputusan untuk mengunjungi tempat ini adalah tepat sekali.

Di tempat ini para pemburu piringan hitam akan sangat dimanjakan oleh koleksi-koleksi rare teman-teman pedagang yang namanya sudah disebutkan di atas barusan. Mulai dari plat lokal angkatan Rachmat Kartolo, Broery Marantika, Titiek Puspa, Ida Royani, Guruh Gipsy, Gank Pegangsaan, Black Brothers, Chaseiro, Karimata, Chrisye, Iwan Fals, hingga White Shoes And The Couples Company, dan plat internasional semacam; Beach Boys, Jimi Hendrix, Genesis, Yes, Styx, Chick Corea, A-ha, Duran-Duran, Pet Shop Boys, Rick Astley, Cyndi Lauper, Madonna, PM Dawn, Milli Vanilli, dan macam-macam koleksi 90-an luar negeri, semua menebar rata di tempat tersebut. Dapat dipastikan Anda akan menemukan apa yang Anda idamkan.

kaset
Koleksi Penulis

Para teman-teman pedagang ini juga menjual pemutar plat dan kaset. Oh, bagi yang ingin coba-coba bereksperimen untuk menonton lagi laser disc atau video, mereka juga memiliki stock playernya yang masih berfungsi. Koleksi-koleksi film di laser disc dan video nya pun lumayan ok. Sekali lagi, cek saja langsung dengan memberangkatkan diri Anda ke tempat tersebut.

Selain kaset, CD, piringan hitam, Laser Disc, dan kaset video, di lantai dasar Blok M Square juga terdapat komunitas penjual buku yang harganya miring. Koleksi bukunya pun macam-macam dan cukup langka. Jika Anda ingin mencari majalah-majalah lama, mereka juga menyediakannya. Patut untuk dikunjungi, bukan?