Dedikasi Maksimal ACMI Terhadap Makanan Indonesia

Didirikan oleh pakar makanan Nusantara, William Wongso, dan perempuan yang begitu menggemari kuliner Indonesia, Santhi Serad, ACMI yang merupakan akronim dari Aku Cinta Makanan Indonesia, melaju dan melanglang ke pelbagai pelosok memberi edukasi serta pemahaman seputar dunia makanan dari negeri tercinta.

Melalui situsnya ACMI menjelaskan bahwa terbentuknya mereka berdasarkan niat mulia untuk melestarikan, mengembangkan, mendokumentasikan serta menyebarluaskan kekayaan budaya kuliner tradisional Indonesia.

Selain itu, misi dari ACMI adalah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk aktif memberikan informasi keragaman kuliner tradisional Indonesia, mendokumentasikan ragam kuliner Indonesia dalam bentuk tertulis dan visual, lalu memperkenalkan dan mempromosikan kuliner Indonesia dalam Bahasa Indonesia ke dunia Internasional.

Lalu ACMI juga ingin memperkenalkan bumbu atau rempah masakan Nusantara kepada dunia internasional, mendukung terbentuknya Pemandu Wisata Kuliner (wiskul) di setiap daerah, serta mengadakan Festival Citarasa Nusantara di hotel berbintang dengan mendatangkan ahli kuliner dari berbagai daerah.

ACMI juga aktif membangun jejaring dengan KBRI di hampir 130 negara, dan jejaring dengan para pelaku kuliner Indonesia di mancanegara, dengan mengangkat Duta Kuliner, lalu bekerja sama dengan Kemenparekraf, dan berafiliasi dengan asosiasi kuliner dunia.

Berdasarkan visi misi di atas barusan, seiring berjalannya waktu, ACMI telah menjadi komunitas yang terus membesar melalui berbagai kegiatan lawatan maupun workshop yang telah dilakukan mereka selama ini, di mana terdapat banyak sekali manfaat darinya. Terakhir, dua punggawa dari ACMI, yaitu William Wongso dan Ade Putri Paramadita muncul memikat mendampingi Chef kaliber Gordon Ramsay dalam program dokumenter National Geographic.

Foto: Instagram ACMI