Earhouse for Artist: Saling Mendukung di Masa Pandemi Melalui Sebotol Kopi

Masa sulit di kala pandemi sekarang ini membangkitkan berbagai semangat untuk membantu sesama. Banyak kalangan yang telah mencurahkan sedikit rezeki dan usahanya untuk meringankan beban mereka yang terdampak keras sejak Covid-19 mewabah di tanah air. Satu yang menarik adalah gerakan yang digagas oleh Earhouse, sebuah inisasi dari duo Endah N Rhesa yang telah menjadi wadah dari banyak komunitas di Pamulang, Tangerang Selatan. Saat ini, kedai itu sedang menjajakan produk kopi yang ditujukan untuk membantu musisi tanah air. 

Masa pandemi saat ini penting sekali untuk saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Semangat inilah yang menjadi inspirasi Earhouse untuk membuat gerakan untuk membantu kalangan musisi yang terdampak Covid-19. 

Earhouse adalah kedai mungil di Pamulang yang dibangun oleh pasangan musisi folk Endah N Rhesa. Tempat ini ditujukan sebagai wadah berkumpul, berkegiatan, dan berkomunitas. Meski pandemi Covid-19 membuat Earhouse tak bisa beroperasi seperti biasanya, mereka baru saja merilis sebuah menu bertajuk “Earhouse for Artist” yang bisa dinikmati di rumah sejak awal bulan Juni.

Menu Earhouse For Artist adalah kopi susu yang disajikan di dalam botol 1 Liter yang bisa didapatkan melalui sistem pemesanan (Pre-Order) melalui telepon/ akun Instagram resmi Earhouse. Hal ini ditujukan untuk membantu menggaungkan karya dari teman-teman musisi dengan menempelkan profil singkat dan karya di stiker pada botol. Tersedia pula QR Code yang bisa dipindai melalui kamera telepon genggam untuk langsung dapat menikmati karyanya. Menu ini digagas sebagai bentuk kepedulian kepada musisi yang terkena dampak langsung karena mewabahnya Covid-19.

“Kami menyadari bahwa banyak panggung tertunda sehingga banyak musisi tidak bisa mempromosikan atau menampilkan karyanya dengan maksimal seperti saat sebelum pandemi. Mudah-mudahan rilisan menu edisi Earhouse For Artist ini bisa membantu.”, ujar Endah dalam siaran pers yang kami terima.

Earhouse for Artist
Salah satu edisi Earhouse for Artist: “Ssslow” . Sumber: Promotion Reiproject Music

Nantinya dalam setiap penjualan dari 1 botol edisi Earhouse For Artist akan disisihkan pendapatan sebesar Rp 10.000,- yang akan diberikan kepada artis yang termuat di dalam stiker botol edisi tersebut. 

“Konsep Earhouse memang tempat dan rumah untuk semua, jadi inginnya sih meskipun situasi seperti ini, Earhouse tetap bisa berkontribusi dan menjadi wadah untuk teman-teman musisi atau seniman lainnya. Untuk edisi awal, kami memilih untuk menempatkan teman-teman yang pernah hadir di Earhouse yang telah memberi banyak inspirasi untuk komunitas ini. Tidak tertutup kemungkinan pada edisi mendatang akan mencakup lingkup yang lebih luas lagi.”, lanjut Endah. 

Resep kopi susu Earhouse For Artist diracik oleh manajer Endah N Rhesa, Rendi Kopay, yang juga pemilik brand kopi Kopay Coffee. Sampai saat ini menu Earhouse for Artist sudah memiliki tiga edisi dari artis yang diantaranya Endah N Rhesa dengan “Ssslow”, Iga Massardi dengan “Krisis Hiburan”, dan Rull Darwis dengan “Rull Darwis #2”. 

 “Saya meracik dan pengerjaan dibantu oleh Earcrew yang memang biasa sehari-hari bertugas di Earhouse. Jadi meskipun toko tutup, mereka tetap bisa bekerja dan mengantar pemesanan sehingga bisa mendapatkan penghasilan.”, ujar Rendi.