Bandung Pop Darlings: Menjadi Komunitas Yang Lembut Namun Merasuk

Bak cerita serial halus namun mematikan seperti yang biasa dikupas oleh Enyd Blyton ke dalam mangkok-mangkok novelnya, buku ‘Bandung Pop Darlings’ karya Irfan Muhammad yang diterbitkan tahun 2019 lalu, sanggup melanjutkan babak barunya sebagai komunitas. Lembut namun merasuk.

Irfan Muhammad yang menggunakan ego Irfan Poppish ke dalam buku ‘Bandung Pop Darlings’ ibarat memberi solusi baru terhadap mereka yang butuh pelbagai berita masa lalu maupun info teranyar mengenai Indie Pop Bumi Pertiwi. Dia memberi rasa haru biru terhadap karyanya ini. Diasah selalu dan senantiasa diasuh. Sehingga ‘serial sambungan’ Bandung Pop Darlings yang digelorakan oleh pria kalem ini ke dalam media sosial Instagram dan Spotify Bandung Pop Darlings, telah menjadi sebuah babak baru yang cukup menyenangkan untuk diikuti. Mampu memperluas cakrawala.

Tanpa tersadari sekaligus perlahan tapi pasti, Bandung Pop Darlings lambat laun menjadi komunitas penting bagi para pemburu artefak Indie Pop Tanah Air. Ibarat program ‘Album Minggu Ini’ di Stasiun TVRI dahulu kala, Instagram ‘Bandung Pop Darlings’ memaklumatkan rekomendasi musik pop layak dengar dari konco-konco Irfan dari wilayah seni. Kanal bernasnya tersebut ia beri nama Bandung Pop Darlings Weekly Playlist. Terdapat macam-macam Khazanah Pop di sana.

Irfan cermat membaca pasar ini. Beberapa generasi penyuka jenis musik Indie Pop pun Brit Pop merasa diberi wadah berkomunitas oleh pria yang juga bermusik bersama grup pop bernama Melt.

Irfan Muhammad sejatinya adalah seorang wartawan yang karya tulisnya terbilang cerkas, sehingga memudahkan ia terjun bebas ke berbagai pergaulan kreatif. Kepekaannya terhadap komunitas pun menyuntikan bakat terpendam Irfan sebagai seorang pengamat budaya.

Sekarang Bandung Pop Darlings sudah menjadi komunitas. Yang embrionya pecah mana kala Irfan melakukan roadshow guna mempromosikan bukunya itu. Coba saja Anda susuri perjalanan ranah pop persada penuh gizi yang termaktub di linimasa Bandung Pop Darlings, dijamin keceriaan bertambah. Dan jangan lupa juga beli atributnya, yang akan menjadi pesona tersendiri saat kalian menggunakannya di dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Foto: Instagram Bandung Pop Darlings