Bakmi Club : Klub Khusus Pemburu Bakmi Lezat

Penganan ini berasal dari negeri Cina. Dibawa ke Indonesia, beralkulturasi dengan bumbu lokal dan menjadi makanan favorit berjuta penghuni Nusantara. Berjuta gerobak bakmi tersebar di penjuru bumi pertiwi dengan cita rasa khas dari masing-masing warung. Beberapa orang pun menjadikan makanan ini sebagai dambaan, beberapa rela berburu kelezatannya dari warung ke warung, beberapa orang tersebut berkumpul, bercengkrama dan saling memberi ulasan di Bakmi Club.

Bakmi Club merupakan perkumpulan penggemar bakmi dan penganan terkaitnya. Anggotanya tersebar hingga pelosok Nusantara, bergabung dalam satu group sosial media dan tak pelit berbagi ulasan. Terbentuk dari inisiasi Deathrockstar a.k.a Eric Wirjanata yang di 2015 rajin mengulas bakmi dari satu warung ke warung berikutnya, serta mencoba menambah jejaring pertemanan lewat hobi kulinerannya. Inisiasi Eric pun disaut teman-teman lainnya yang berhobi sama, sehingga bergabunglah mereka dan klop di bawah nama Bakmi Club.

Grup ini menghimpun banyak penggemar bakmi dan pengulas kuliner. Total anggotanya pun mencapai 30 ribu dengan member post sebanyak belasan perharinya. Siapa saja boleh mengirimkan ulasan di group yang punya domain bakmi.club ini. Tidak ada standar khusus untuk warung dan jenis bakmi yang diulas dalam group; Halal/Non Halal, Bakmi gerobak/restoran, Lokal/Mancanegara hingga panganan pelengkap bakmi seperti siomay, bakso goreng, pangsit maupun Locupan.

“Bakmi gerobakan boleh. Syarat utamanya: Harus enak menurut penulis. Bakmi yang ga enak ga usah dipost. Yang penting bakmi dan ‘teman-temannya.’ Misal bakso goreng atau somay sebagai sisipan masih oke.” balas Eric.

Bakmi Club pun tidak hanya ramai di media sosial. Beberapa anggotanya pun kerap menggelar Kopdar dan membuat grup sampingan bernama KoPaMie yang punya rutin bertemu setiap minggu pagi. Agendanya berburu bakmi dari satu warung ke warung berikutnya seharian. Namun mengingat kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh yang susah diredam, beberapa anggota membatasi porsi per harinya.

Selain membangun hubungan baik antar member komunitas, Bakmi Club juga menjalin silahturahmi dengan para pemilik warung bakmi. Perkumpulan ini seringkali melakukan bantuan promosi terhadap warung-warung bakmi bercita rasa lezat yang hampir gulung tikar akibat musibah atau karena pindah lokasi.

Last, pertanyaan paling umum namun banyak yang belum tahu jawabannya kami tanyakan pada Eric. Apa perbedaan Bakmi dan Mie Ayam?

“Bakmi itu turunan dari Bak dan Mie, Bak itu daging babi. Jadi Bakmi itu sebenernya Mie Babi, cuma kayaknya sekarang walaupun halal juga lebih afdol kalau mie yang gayanya demikian akan disebut Bakmi Ayam. Kayak Bakpao atau bakcang.” tutup Eric Wirjanata.

Foto : Web Bakmi.Club