Vansports

Prediksi Piala Dunia 2022: Oxford Sebut Brazil Akan Juara

Prediksi Piala Dunia 2022: Oxford Sebut Brazil Akan Juara

Dalam beberapa waktu terakhir ini, seluruh dunia dari berbagai kalangan sedang berpesta karena Piala Dunia 2022 sudah bergulir sejak Minggu, 20 November lalu.

Gelaran pesta sepak bola tersebut tentu membuat orang terus mengikuti euforia yang ada. Yang menarik, dalam setiap ajang Piala Dunia, selalu ada orang yang tiba-tiba memunculkan prediksi juara yang terkadang tidak berdasar.

Namun, Piala Dunia tahun ini semakin menarik karena munculnya prediksi dari berbagai pihak, salah satunya adalah dari bidang pendidikan.

Oxford University juga tidak ingin ketinggalan mengikuti euforia yang ada dan membuat sebuah pemodelan baru untuk memprediksikan negara yang akan mengangkat Piala Dunia 2022.

Oxford membuat sebuah pemodelan matematika yang menunjukkan Brazil akan menjadi juara pada Piala Dunia di tahun ini.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Boy Pablo, Compass Resmi Akan Luncurkan Koleksi “Which Pablo Are You Today?

Model Matematika Oxford untuk Prediksi Pemenang Piala Dunia 2022

Joshua Bull, yang merupakan Ahli Matematika Oxford adalah orang di balik prediksi Piala Dunia 2022 ini. Yang menarik, ini bukan kali pertama dirinya memprediksikan juara berdasarkan pemodelan matematika karena ia pernah memberikan prediksi dalam ajang Fantasy Football di tahun 2020.

Dalam membuat pemodelan matematika untuk prediksi pemenang Piala Dunia 2022 ini, Josh memulainya dengan mengolah data yang digunakan dengan menstimulasikan fase grup hingga satu juta kali dan mengambil hasil paling umum.

Model matematika yang ia gunakan adalah dengan cara menganalisis data peringkat setiap negara yang ada. Setelah data yang dikumpulkan, ia akan langsung mengolah data tersebut dengan memberi stimulasi pada algoritmanya lagi untuk fase penyisihan hingga 100.000 kali.

Model matematika yang ia ciptakan adalah dengan cara menganalisis Elo masing-masing negara yang berasal dari data laga internasional 2018. Berdasarkan laporan Detik, Elo adalah peringkat untuk tim sepak bola asosiasi nasional pria yang diterbitkan situs Elo Ratings.

“Josh Bull menjalankan model Piala Dunia Matematika Oxford kami 1.000.000+ kali untuk babak Grup & masing-masing 100.000 kali untuk pertandingan sistem gugur untuk menemukan hasil yang paling mungkin. Kami menekankan ‘mungkin’. Dengan 64 game ‘tidak mungkin’ kemungkinan memiliki game bagus yang aneh,” tulis Instagram resmi Matematika Oxford dalam keterangan unggahannya.

Brazil Akan Berhadapan dengan Belgia di Final Piala Dunia 2022

Josh memulai prediksinya pada Qatar 2022 sebanyak satu juta kali untuk babak sistem gugur. Melalui pemodelan itu, ia akan membuat asusmsi kesimpulan berupa tim yang layak juara. Perlu diketahui pula, Matematika Oxford menyebut asumsi adalah hak prerogatif pemodel.

Ia memprediksikan Brazil akan memenangkan trofi untuk rekor keenam kalinya. Berdasarkan unggahan pemodelan matematika dari Matematika Oxford, Brazil akan berhadapan di semifinal dan akan menjadi juara setelah mengalahkan Belgia di final. Bahkan persentase juga menunjukkan Brazil unggul sebesar 61.3% atas Belgia.

Bagaimana menurut Anda soal prediksi dari Ahli Matematika Oxford tersebut? Apakah benar? Mari kita nantikan saja.

Mahesa Jenar
Bismillah Biar Alhamdulillah

Agar Basian Tak Lagi Basi

Previous article

Gas Terus, Superglad Rilis Single “Melangkah”

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *