Vanview

Avocado War : Perang Komoditas Era Ini

Avocado War
Avocado War

Dokumenter ini memberikan gambaran tentang apa yang akan terjadi bila komoditas ekspor terbesar sebuah negara tidak dibarengi dengan pemerintahan yang sehat dan pengawasan yang ketat. Di Mexico, buah alpukat yang kerap dikonsumsi masyarakat dunia dan punya nilai ekspor tinggi menjadi perebutan baru bagi para kartel bersenjata yang haus dominasi.

Gaung kampanye makanan sehat dan total organik yang intens disuarakan dalam tiga dekade terakhir menjadikan banyak masyarakat dunia tersadarkan. Buah-buahan yang awalnya hanya dianggap pemanis dan hidangan pencuci mulut pun kini jadi konsumsi wajib. Dari sekian banyaknya buah-buahan sehat, alpukat, sebagai buah yang punya citarasa dan kontor lembut pun akhirnya menjadi raja yang difavoritkan miliyaran penduduk dunia. Komoditasnya pun kian besar dan menimbulkan polemik baru.

Beratus kartel-kartel kecil hidup dengan makmur di semenanjung Meksiko. Tumbuh gemuk dengan berbagai bisnis-bisnis panasnya mulai dari narkotika, penyelundupan manusia hingga perdagangan senjata. Semuanya liar, beringas dan tidak ada satupun diantaranya yang takut dengan peluru panas ataupun pasal-pasal pidana. Seiring perjalanannya, narkotika dan perdagangan senjata terasa kian merugikan. Hingga muncul lah sebuah komoditas baru yang kian memikat mata mereka, bukan lagi getah opium ataupun bunga ganja, melainkan buah alpukat yang jadi konsumsi masyarakat dunia dan dirasa menjadi sasaran empuk bagi operasi jahanam mereka.

Meksiko memang dataran sempurna di mana alpukat atau yang kerap pula disebut “emas-hijau” ini dapat tumbuh subur. Terutama di provinsi Michoacan, yang tak lain merupakan jantung dari industri alpukat Meksiko. Hampir sebagian besar penduduk Michoacan merupakan petani alpukat. Ratusan kebun alpukat tumbuh dan menghasilkan ratusan-atau bahkan ribuan ton pertahunnya dari provinsi ini. Kartel setempat pun mengambil inisiatif jahat, mereka mengintimidasi, menculik dan mengancam para pemilik kebun untuk menyerahkan kendali kebun dan produksinya. Tidak jarang kekerasan dan intimidasi, Diantara beberapa kartel yang mengancam stabilitas keamanan Michoacan, satu yang paling bajingan adalah kartel bersenjata bernama Los Zetas.

Kekuasaan Los Zetas kian memuncak dan meresahkan beribu warga dan petani alpukat. Mereka ditekan dan dipaksa bekerja, harga jualnya dimonopoli dan berbagai kebun terpaksa dijual murah kepada kelompok bersenjata ini. Seiring berjalannya waktu, masyarakat yang depresif kian geram, irisan-irisan kemarahan dan gondok koloni Michoacan pun perlahan bersatu. Hingga terbentuklah kelompok anti-kartel yang terdiri dari gabungan para petani, masyarakat setempat dan para aparat kepolisian yang menolak korup.

Auto Defensas menjadi kekuatan baru di Michoacan, Los Zetas yang menjadi incarannya dipukul mundur dan tidak segan diberedel. Petani yang awalnya bekerja di bawah tekanan kembali merebut hak Makmur atas kebunnya. Produksi kembali dikepalai rakyat dan produksi berjalan hingga sediakalanya.

Kami tidak menyebutkan rinci tanggal dan kronologis inti dari apa yang terjadi dalam derita para petani alpukat di Meksiko, sengaja. Bila ingin lebih mengetahui dan mengarahkan detailnya, buka platform video-on-demand Netflix dan putar Rotten Season 2 Episode 1 berjudul Avocado War.

Vantage

Musim yang Luar Biasa Untuk Bayern Munich

Previous article

Tentang Mudik, Film Lokal yang Tayang Ekskusif di Mola TV

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *