aplikasi pesaing twitter milik instagram

Instagram Akan Rilis Aplikasi Pesaing Twitter Juni 2023

Vantage.id – Meta sedang bersiap untuk meluncurkan platform microblogging ternyarnya di Juni 2023. Instagram akan merilis aplikasi pesaing Twitter di bulan depan. Simak fitur aplikasi pesaing Twitter dari Instagram.

Aplikasi pesaing Twitter ini disebut merupakan aplikasi berbasis teks yang akan berdiri sendiri. Akan tetapi, dapat diintegrasikan dengan aplikasi Instagram. Instagram menjadi saluran promosi dalam aplikasi tersebut.

Misalnya, saat pengguna membuat akun di aplikasi persaing Twitter, maka Instagram akan mengirimkan notifikasi ke followers atau pengikut untuk turut mengikuti atau mem-follow akun baru pengguna.

Kini, aplikasi baru tersebut masih misteri. Nama aplikasi pesaing Twitter ini pun masih dirahasiakan. Meski begitu, aplikasi tersebut sudah dijadwalkan untuk dirilis di bulan Juni 2023 mendatang.

informasi soal aplikasi pesaing Twitter milik Instagram

Berdasarkan catatan Meta ke creator, kini sudah banyak aplikasi yang berusaha untuk menjadi seperti aplikasi Twitter. Contohnya saja yakni Bluesky dan Mastodon. Meski begitu, daya tarik aplikasi buatan Instagram yang menjadi pesaing Twitter ini adalah akses.

Sebab, Instagram adalah salah satu jejaring social yang ada di bawah Meta yang turut menanungi Messenger, Facebook, dan WhatsApp. Meta tentunya akan melakukan berbagai macam cara untuk bsia menarik audiensnya dari beragam aplikasi raksasa itu ke aplikasi baru pesaing Twitter.

Kini, aplikasi pesaing Twitter tersebut dinamakan dengan kode ‘P92’, ‘Project 92’, atau ‘Barcelona’. Hingga kini, Meta belum memberikan informasi jelas terkait perkembangan aplikasi terbarunya.

Pihak Meta hanya mengatakan jika mereka sedang menjelajahi jaringan social terdesentralisasi. Perusahaan menilai jika mereka melihat adanya peluang di platform tersebut.

Bocoran Soal Fitur Aplikasi Pesaing Twitter Milik Instagram

Instagram tengah mengembangkan aplikasi berbasis teks yang akan menjadi pesaing Twitter. Informasi terkait jadwal dan tampilan aplikasi terbaru milik Instagram itu telah terungkap.

aplikasi pesaing twitter milik instagram
Source: makeuseof

Informasi tersebut datang dari Lia Habermann melalu newsletter­-nya di Substack. Tak hanya informas detail mengenai aplikasi tersebut, Lia Habermann juga membeberkan slide marketing dengan memperlihatkan tampilan aplikasi.

Aplikasi tersebut akan terpisah dari aplikasi utamanya Instagram. Instagram sudah membahas aplikasi terbarunya ini dengan beberapa creator, selama beberapa bulan terakhir. Pihak Meta belum mengungkapkan nama aplikasi terbaru pesaing Twitter.

Pihak perusahaan hanya menyebut jika aplikasi baru Instagram tersebut berbasis teks untuk percakapan. Akan tetapi, Lia Habermann menyebut jika aplikasi baru itu dikenal dengan kode Barcelona, P92, atau Project 92 oleh pihak internal.

Pengguna aplikasi baru itu nantinya dapat login dengan menggunakan username dan password Instagram. Sehingga username, followers, verifikasi dan bio akan ditransfer dari aplikasi utama.

Dalam aplikasi tersebut, pengguna akan disambut dengan feed utama yang akan menampilkan konten dari akun-akun yang diikuti dan direkomendasikan. Selain itu, Instagram akan membawa control privasi ke dalam aplikasi baru tersebut.

aplikasi Twitter

Salah satunya adalah mentransfer daftar akun yang telah diblokir di Instagram. Aplikasi tersebut akan mempunyai pengaturan untuk mengontrol siapa yang diperbolekan membalas dan melakukan mention akun penggua.

Pengguna dapat mengunggah konten dalam bentuk teks sampai 500 karakter. Dan jumlah karakter teks yang ada lebih pendek dari caption Instagram. Selain itu, pengguna juga dapat melampirkan foto, link, video dengan durasi sampai lima menit.

Pengguna juga dapat menyukai dan membalas posting-an dari orang lain. Sejauh ini, aplikasi terbaru buatan Instagram ini terdengar mirip dengan Twitter. Namun ke depannya, Instagram akan membuat aplikasi terbarunya mempunyai elemen desentralisasi seperti Mastodon.

Keberadaan aplikasi ini pertama kali dilaporkan pada Maret 2023 oleh Monyecontrol. Saat itu, Meta sebagai induk Instagram mengkonfirmasi jika pihaknya tengah mengembangkan aplikasi media social yang terdesentralisasi untuk membagikan update dengan bentuk teks.

Jika aplikasi ini dirilis secara global, Instagram dipastikan akan menghadapi sebuah persaingan yang cukup ketat. Sejak Twitter dibeli Elon Musk, mulai muncul beberapa aplikasi pesaing lain seperti Bluesky, Mastodon, dan lainnya.

Demikian informasi mengenai aplikasi pesaing Twitter dari Instagram yang rencananya akan rilis pada Juni 2023. Nantikan terus perkembangannya hanya di Vantage.id.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: