Vantips

Intip 5 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah segar yang berasal dari salah satu pohon merambat dengan spesies marga Actinidia. Diketahui, buah kiwi berasal dari negara Cina namun banyak dibudidayakan di Selandia Baru.

Buah yang memiliki warna kulit coklat dan daging berwarna hijau segar digemari oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan cita rasa dari buah kiwi adalah manis dan sedikit asam sehingga dapat membuat mulut terasa segar.

Banyak orang yang rutin mengkonsumsi buah ini karena percaya akan segudang manfaat yang dimiliki buah kiwi. Berikut kami sajikan lima manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh menurut beberapa studi yang telah kami kumpulkan.

Baca juga: 7 Cara Hidup Sehat agar Tetap Awet Muda

Dapat Membantu Mengatasi Asma

Buah kiwi memiliki jumlah vitamin C dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Karena hal tersebut, kandungan yang ada pada buah kiwi dapat membantu mengobati penderita asma.

Sebuah studi yang dihimpun dari BMJ Journals, mengungkapkan bahwa banyak keuntungan terhadap fungsi paru-paru bagi mereka yang secara teratur mengkonsumsi buah segar, termasuk kiwi.

Diketahui, buah segar seperti kiwi juga dapat mengurangi mengi pada anak-anak yang rentan.

Meningkatkan Sistem Imun

Diketahui, jumlah kandungan vitamin C pada satu gelas jus buah kiwi bahkan menyediakan sekitar 273 persen dari nilai kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan oleh tubuh

Sebuah studi yang dipulikasikan oleh Canadian Science Publishing, dengan rutin mengkonsumsi buah kiwi, anak-anak hingga orang dewasa dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan dapat mengurangi durasi penyakit seperti flu.

Membantu Mengatur Tekanan Darah

Selain dapat memberikan dorongan ekstra untuk sistem kekebalan tubuh, diketahui manfaat buah kiwi adalah membantu mengatur tekanan darah.

Sebuah studi pada tahun 2014 yang dihimpun dari National Library of Medicine, membuktikan bahwa kandungan zat bioaktif yang terdapat pada tiga buah kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Dengan begitu orang-orang yang rutin mengkonsumsi buah kiwi dapat menghindari beragam resiko penyakit berbahaya seperti darah tinggi, stroke, hingga serangan jantung.

Baca juga: Tips Tidur Cepat Ala Militer agar Terhindar dari Insomnia

Meningkatkan Kualitas Tidur

Taipei Medical University melakukan penelitian terhadap orang dewasa dengan rentan usia 20 hingga 50 tahun yang mengalami masalah dalam kualitas tidurnya.

Hasilnya, dengan rutin mengkonsumsi buah kiwi gangguan kualitas tidur pada orang dewasa dapat diatasi. Hal tersebut dikarenakan buah kiwi mengandung antioksidan dan juga serotonin yang sangat tinggi.

Menjaga Kesehatan Mata

Degenerasi makula adalah penyebab utama terganggunya fungsi penglihatan mata yang rentan terjadi pada orang dengan usia tua. Orang yang mengalami degenerasi makula parah dapat mengalami kebutaan.

Sebuah studi yang dihimpun dari JAMA Ophtalmology, dengan mengkonsumsi 3 buah kiwi dalam satu hari dapat mengurangi potensi degenerasi makula sebesar 36 persen.

Hal tersebut dikarenakan kandungan zeaxanthin dan lutin yang besar pada buah kiwi.

Itulah kelima manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh anda. Dengan rutin mengkonsumsi buah kiwi, impian masa tua yang sehat seakan langsung terjamin. Jadi, segera beli dan konsumsi buah kiwi secara rutin ya!

Mahesa Jenar

7 Cara Hidup Sehat agar Tetap Awet Muda

Previous article

5 Film Romantis Indonesia Ala Anak Sekolah Siap Bikin Anda Bernostalgia

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *