TravelVantrip

5 Gunung di Jawa Barat yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Pemandangannya Sangat Menakjubkan!

5 Gunung di Jawa Barat Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula, Pemandangannya Sangat Menakjubkan!

Banyak gunung di Jawa Barat yang menyuguhkan pemandangan sangat indah dan sangat nyaman didaki untuk para pendaki pemula.

Tidak sedikit orang yang ingin menghabiskan masa liburannya dengan mendaki gunung, tetapi karena masih pemula, mereka pun bingung harus mendaki gunung apa dan di mana.

Untuk para pendaki pemula tidak usah bingung. Gunung-gunung di Jawa Barat mempunyai trek yang tidak begitu berat dan sangat mudah untuk dilalui.

Untuk para pendaki baru, tidak usah takut akan tersesat di trek yang ada. Dengan persiapan yang matang, pendakian pastinya akan terasa menyenangkan.

Berikut deretan gunung di Jawa Barat yang cocok untuk pendaki pemula.

Baca Juga : Gak Kalah Keren Dari Cappadocia, Inilah 4 Wisata Balon Udara di Indonesia!

1.Gunung Gede

Gunung Gede Gunung di Jawa Barat

Gunung di Jawa Barat pertama yang cocok untuk para pendaki pemula adalah Gunung gede yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bogor, Cibodas dan Cianjur.

Letaknya yang mudah dijangkau oleh warga Jabodetabek, membuat Gunung Gede sangat terkenal di kalangan para pendaki.

Untuk mendaki Gunung ini,para pendaki mempunyai pilihan 3 jalur, yaitu bisa melewati jalur Cibodas, Jalur via Gunung Putri dan Jalur Salabintana.

Untuk para pemula, dianjurkan untuk memilih jalur Cibodas atau via gunung putri karena treknya yang pendek.

Ketinggian Gunung Gede sendiri adalah 2958 mdpl, tidak terlalu tinggi dan terlalu pendek, cocok untuk pemula yang baru pertama kali naik gunung.

2.Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Gunung di Jawa Barat

Bagi warga Garut pastinya tidak asing dengan Gunung Papandayan. Banyaknya pendaki yang datang ke gunung ini, menjadikan Papandayan salah satu gunung yang wajib didaki saat berada di Garut.

Dengan tinggi 2665 mdpl, Gunung ini cocok untuk para pendaki pemula yang ingin memulai mencoba mendaki gunung.

Ada dua jalur yang bisa dilewati, yang pertama adalah jalur Cisurupan dan jalur Pandeglang. Untuk para pemula disarankan untuk mengambil jalur Cisurupan.

Jalur tersebut lebih nyaman dan mudah dilalui. Di jalur tersebut juga akan banyak warung dan untuk membeli makanan, jadi tidak usah takut kekurangan makan.

Lalu pemandangan yang ada di Gunung Papandayan  sangat apik, hamparan hutan mati sering jadi tempat berfoto bersama. Puncak juga para pendaki bisa melihat sunrise dan sunset yang sangat apik.

3.Gunung Cikuray

Gunung CIkuray Gunung di Jawa Barat

Masih di Garut, gunung selanjutnya yang terkenal disana adalah Gunung Cikuray.

Popularitas dari Gunung Cikuray juga tidak kalah dari gunung di Jawa Barat lainnya. Banyak pendaki yang menyempatkan dirinya untuk mendaki gunung ini saat berada di Garut.

Ketinggian dari gunung ini adalah 2821 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Garut.

Keunikan yang ada di gunung ini adalah para pendaki bisa saja menemui babi hutan dijalur pendakian, karena di sana masih banyak babi hutan yang bekeliaran.

Untuk para pendaki pemula yang ingin mendaki gunung tersebut, usahakan mendaki di musim kemarau, karena saat hujan, jalur akan sangat licin dan berlumpur sehinga menyusahkan saat mendaki.

4.Gunung Salak

Gunung Salak Gunung di Jawa Barat

Gunung Salak menjadi salah satu gunung di Jawa Barat yang cocok untuk para pendaki pemula.

Hal ini dikarenakan treknya yang cukup mudah. Walaupun mudah, para pendaki harus menyiapkan fisik sebelum mendaki agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat melakukan pendakian.

Tinggi gunung salak adalah 2211mdpl dan memiliki dua jalur pendakian serta dua puncak yaitu puncak satu dan puncak dua.

Jika ingin menuju puncak dua, para pendaki bisa mengambil jalur Curugnangka di sisi timur. Lalu untuk mencapai puncak satu, para pendaki bisa melewati daerah Cimelati.

5.Gunung Putri

Gunung Putri Gunung di Jawa Barat

Gunung Putri yang berada di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, merupakan salah satu gunung yang sangat cocok untuk pendaki yang baru memasuki dunia pendakian.

Ketinggian yang hanya 1587 mdpl, serta jalur yang sangat mudah dilalui, akan memberikan pengalaman yang amat menyenangkan.

Hanya melakukan pendakian selama 20-30 menit saja, para pendaki sudah bisa mencapai puncak Gunung Putri.

Di sana pemadangan sunset dan sunrise yang sangat indah menjadi bonus yang luar biasa karena sudah mencapai puncak.

Ikhsan Abrianto

Komika Fico Fachriza Menyusul Ardhito Pramono Tertangkap Polisi karena Narkoba

Previous article

Single Baru Taeyon Bertajuk “Can’t Control Myself” Segera Rilis

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *